Terbit: 4 Desember 2019 | Diperbarui: 5 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Musim pancaroba seperti sekarang ini membuat beberapa penyakit seperti flu cenderung lebih mudah datang. Jika kita mulai merasakan gejala awal flu seperti hidung mampet, tidak enak badan, atau tenggorokan sakit, ada baiknya kita segera melakukan hal ini demi mencegahnya menjadi semakin parah.

Mulai Merasakan Gejala Awal Flu? Lakukan Hal Ini Demi Mencegahnya Semakin Parah

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul The Proceedings of the National Academy of Sciences, disebutkan bahwa minum teh hitam bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Dalam penelitian yang dilakukan di Brigham and Women’s Hospital, Boston, serta Harvard Medical School, Amerika Serikat, disebutkan bahwa mereka yang minum teh hitam 5 cangkir dalam sehari dalam dua pekan akan mengalami peningkatan jumlah Sel T dalam sistem kekebalan tubuhnya hingga 10 kali lipat. Hal ini ternyata bisa berimbas pada meningkatnya kemampuan tubuh dalam melawan pilek dan flu.

Jenis teh lain yang bisa melawan datangnya flu dan pilek adalah teh hijau karena memiliki kandungan antioksidan quercetin, dan asam amino L-theanine. Quercetin bisa berperan sebagai agen antivirus, termasuk virus penyebab flu. Selain itu, kombinasi dari L-theanine dan katekin pada teh hijau juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita pun tidak akan mudah terkena pilek.

Jadi, jika anda sudah merasakan gejala awal flu, segeralah mengkonsumsi kedua jenis minuman teh yang sangat nikmat untuk dikonsumsi dalam keadaan hangat ini demi mencegahnya menjadi semakin parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi