Terbit: 10 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu syarat mudik yang harus dipenuhi oleh semua orang adalah sehat. Kalau tubuh tidak sehat, apa pun jenis kendaraan yang dipilih, Anda akan susah melalui perjalanan. Tubuh akan lemas, tidak bisa puasa, dan yang paling parah adalah Anda harus dilarikan ke klinik untuk mendapatkan pengobatan.

Mudik Aman dan Lancar Meski Memiliki Anemia

Nah, agar kondisi semacam ini tidak terjadi, persiapan jelang mudik yang benar harus dilakukan. Kalau Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik, beberapa gangguan pada tubuh bisa diminimalkan termasuk anemia yang membuat Anda jadi lemas dan susah melakukan apa-apa.

Anemia dan gangguan mudik

Sebelum membahas lebih jauh tentang anemia, kita harus tahu perbedaannya dengan hipotensi. Selama ini kita menganggap anemia dan hipotensi (darah rendah) sama karena efek yang ditunjukkan sama.

Anemia adalah berkurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Sementara itu, hipotensi adalah gangguan tekanan darah. Jumlah sel darah merah tetap sama di dalam tubuh sehingga penggenjotan kerja jantung harus dilakukan.

Anemia menyebabkan tubuh menjadi lemas dan susah melakukan apa saja dengan mudah. Kondisi ini semakin memperburuk keadaan kalau Anda melakukan mudik dalam kondisi puasa. Oleh karena itu, cek kondisi tubuh sebelum berangkat agar kondisi seperti anemia tidak terjadi.

Penyebab anemia saat mudik

Ada beberapa hal yang menyebabkan anemia muncul saat sedang mudik. Pertama karena adanya perdarahan pada tubuh. Kondisi ini sering muncul pada wanita yang mengalami menstruasi rutin setiap bulannya.

Darah yang keluar membuat jumlah sel darah merah menurun. Kondisi ini membuat wanita sering lemah, lesu, dan malas melakukan apa-apa. Kalau Anda sedang menstruasi saat mudik, usahakan untuk membuat tubuh tetap terjaga kondisinya. Kalau lemas, segera makan atau minum sesuatu yang manis.

Penyebab kedua dari kondisi anemia adalah kurangnya zat besi di dalam tubuh. Kurangnya zat besi ini menyebabkan produksi sel darah merah jadi terganggu. Anda akan mengalami kekurangan darah dalam jangka waktu lama hingga jumlahnya terpenuh perlahan-lahan.

Oh ya, sebenarnya tubuh memiliki cadangan zat besi untuk pembentukan darah. Namun, cadangan itu akan cepat habis kalau terus dipakai. Untuk mengatasi kondisi ini perbanyak makanan yang mengandung zat besi seperti aneka daging dan sayuran hijau.

Mencegah anemia muncul saat mudik

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar anemia tidak muncul saat melakukan perjalanan mudik, simak beberapa daftar di bawah ini:

  • Pastikan untuk sudah kenyang saat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, Kalau mudik pagi hari, pastikan sahur tetap dilakukan dengan makanan seimbang dan bisa memberikan efek kenyang lebih lama.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum mudik. Sebisa mungkin untuk tetap minum sebanyak 8 gelas setiap harinya.
  • Perbanyak makanan dengan kandungan zat besi sebelum melakukan mudik. Dengan asupan zat besi yang cukup tinggi, anemia akan susah muncul sehingga perjalanan bisa berjalan lancar.
  • Anemia sering muncul kalau kondisi tubuh terlalu lelah. Nah, kalau Anda ingin mudik berjalan lancar, perbanyak istirahat di perjalanan. Telah sedikit sampai rumah tidak masalah daripada sakit di perjalanan.
  • Bawa obat yang memicu kenaikan jumlah darah dalam tubuh yang sudah banyak di pasaran. Kalau Anda sudah merasa lelah, gunakan obat itu agar tubuh kembali sehat.
  • Jangan terlalu memaksakan diri untuk puasa. Kalau memang tidak kuat untuk puasa selama mudik karena anemia, lebih baik mengganti puasa di kemudian hari. Dengan begitu Anda bisa pulang dengan kondisi sehat dan selamat.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi