Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Mudik dalam kondisi tubuh sakit memang tidak nyaman. Apalagi kalau tubuh jadi sedikit lemas sehingga apa-apa menjadi susah dilakukan. Kondisi ini akan semakin parah kalau tubuh juga merasakan sakit yang cukup besar sehingga Anda akan menahan sakit selama perjalanan.

Mudik Nyaman untuk Wanita yang Sedang PMS dan Haid

Nah, apa yang diuraikan di atas terdapat pada wanita yang sedang PMS dan haid. Pada siklus yang terjadi sebulan sekali itu, wanita akan merasakan sakit yang cukup besar. Mereka juga akan lemas karena kekurangan darah serta emosinya sedang tidak baik karena pengaruh hormon.

Agar kondisi haid dan PMS tidak mengganggu aktivitas mudik tahun ini, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Pastikan memenuhi kebutuhan makan dan minum

Saat sedang menstruasi pastikan kebutuhan makan dan minum sudah terpenuhi dengan sempurna. Anda disarankan membawa bekal makanan dan minuman agar bisa dikonsumsi selama perjalanan hingga akhirnya sampai ke tujuan dengan selamat.

Saat mudik, Anda tidak disarankan untuk menghindari makan dan minum karena alasan malas. Kalau tidak memiliki mood untuk makan, coba gunakan suplemen pengganti makanan. Ada sereal atau susu berprotein tinggi yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Minum obat pereda nyeri

Kalau Anda sering mendapatkan nyeri yang cukup besar selama PMS atau bahkan saat menstruasi tiba, coba minum obat pereda nyeri. Buat area perut menjadi nyaman sehingga kram yang muncul tidak mengganggu aktivitas Anda dalam bergerak selama melakukan mudik Lebaran.

Obat pereda nyeri sangat dibutuhkan kalau Anda kerap tidak tahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan. Beberapa wanita yang sedang PMS ada yang sampai pingsan karena rasa sakit yang muncul di perut bagian bawah tidak bisa ditahan lagi. Siapkan obat anti nyeri di tas dan selalu bawa ke mana saja.

  1. Minum suplemen penambah darah

Saat sedang menstruasi, darah akan banyak keluar dari vagina. Kondisi ini menyebabkan Anda menjadi sangat lemas. Agar kondisi tubuh kembali normal dan kondisi anemia tidak semakin parah, coba konsumsi pil penambah darah yang cukup ampuh mengembalikan kondisi tubuh.

Kalau Anda tidak suka dengan suplemen, ganti dengan makanan dan minuman. Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak zat besi sehingga produksi sel darah merah bisa berjalan dengan lebih lancar.

  1. Istirahat yang cukup

Seseorang yang sedang menstruasi atau haid biasanya rawan sekali lemas dan capai. Kalau selama perjalanan Anda mulai merasakan capai berlebih, segera beristirahat. Di dalam kendaraan umum seperti bus, kereta, atau kapal laut, Anda bisa segera tidur perlahan-lahan.

Kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi dengan banyak orang, sebisa mungkin untuk beristirahat di rest area. Berhentilah sekitar satu jam untuk tidur atau meregangkan tubuh agar tubuh selalu segar dan tidak lemas selama perjalanan dari awal hingga akhir.

  1. Rutin mengganti pembalut

Selain memerhatikan kondisi tubuh apakah sedang lemas atau tidak, Anda juga harus memperhatikan sanitasi atau kebersihan area vagina. Jangan membiarkan area vagina jadi kotor karena Anda tidak mengganti pembalut secara rutin saat mudik.

Kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi, berhentilah di rest area atau SPBU selama beberapa saat untuk mengganti pembalut. Usahakan untuk tidak memakai pembalut lebih dari 6 jam karena bisa memicu bakteri tumbuh dengan masif dan menyebabkan gangguan di vagina.

Semoga apa yang tertulis di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan agar mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan aman.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi