Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang sudah merencanakan mudik ke kampung halaman agar bisa merayakannya di kampung halaman masing-masing. Tak hanya dengan memakai kendaraan umum, banyak pemudik yang memilih untuk memakai kendaraan pribadi baik itu mobil atau sepeda motor.

Menkes Minta Pemudik Tak Pakai Sepeda Motor

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek ternyata ikut memperhatikan arus mudik tahun ini. Jika kebanyakan orang mempertimbangkan adanya risiko kematian akibat kecelakaan, Nila justru menyoroti kesehatan para pemudik sehingga menyarankan para pemudik untuk menghindari penggunakan sepeda motor.

“Kasus kecelakaan paling tinggi terjadi pada pengguna sepeda motor. Kalau menurut saya, sebaiknya memakai transportasi umum saja daripada memakai sepeda motor,” saran Nila.

Jika memang tidak memiliki pilihan lain, Nila menyarankan pemudik dengan sepeda motor untuk menyiapkan fisik agar berada dalam kondisi sehat saat melakukan perjalanan jauh. Pemudik juga sebaiknya membatasi barang bawaannya dan selalu beristirahat setiap 2 jam sekali.

“Kalau naik sepeda motor beristirahatlah setiap 2 jam setidaknya selama 15 menit, kalau naik mobil, beristirahatlah setiap 4 jam sekali,” lanjut Nila.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Nila juga berpesan kepada para pemudik untuk rutin mengecek tekanan darah mengingat perjalanan jauh dan stres saat menghadapi lalu lintas bisa memicu masalah tekanan darah. Selain itu, saat beristirahat, pastikan untuk selalu melakukan peregangan. Pengecekan tekanan darah bisa dilakukan di posko kesehatan yang sudah disediakan sebanyak 3.910 buah di sepanjang jalur mudik di seluruh Tanah Air.

“Jika membutuhkan bantuan ambulans atau hal-hal lainnya, segera hubungi 119 untuk mendapatkannya,” ucap Menkes mengakhiri pesannya kepada para pemudik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi