Terbit: 1 Juni 2018 | Diperbarui: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kurang lebih dua minggu dari sekarang, Hari Raya Idulfitri akan tiba. Anda yang bekerja di luar kota atau hidup dari keluarga pasti mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pun dengan kendaraan pribadi.

7 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Nah, kalau Anda mudik tahun ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan segalanya dengan matang ya. Jangan mempersiapkan semuanya dengan seenak hati karena perjalanan mudik pasti melelahkan dan panjang.

Berikut beberapa tips mudik yang aman dan nyaman kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Selalu cek kondisi kendaraan

Apa pun jenis kendaraan yang Anda gunakan entah itu motor atau mobil selalu cek kondisinya sebelum berangkat. Lebih baik pergi ke bengkel untuk melakukan pengecekan rutin dan mengganti suku cadang rusak.

Dengan melakukan pengecekan ini gangguan kendaraan seperti mesin tidak mau menyala, ban bocor, dan gangguan lainnya bisa dicegah. Anda tidak akan telat sampai rumah untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Jangan membawa barang terlalu banyak

Saat mudik menggunakan kendaraan pribadi, kecuali mobil besar, jangan sesekali membawa barang terlalu banyak. Terlebih kalau Anda pulang dengan menggunakan motor.

Barang yang terlalu banyak akan mengganggu selama perjalanan. Bawa barang seadanya saja yang penting Anda bisa lancar selama perjalanan.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Khusus untuk Anda yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor, jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman. Pakai juga jaket yang bisa melindungi tubuh dari angin selama perjalanan.

Kalau Anda tidak menggunakan jaket ada kemungkinan tubuh alami mual dan masuk angin. Kondisi ini tentu mengganggu perjalanan karena Anda harus berhenti sejenak untuk membuat tubuh jadi nyaman.

  1. Bawa obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan. Bawa semua yang dibutuhkan mulai dari kayu putih, obat pusing, salep nyeri, dan obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan.

Perjalanan mudik pasti membutuhkan waktu yang sangat panjang. Kalau obat-obatan tidak disiapkan dengan baik, Anda akan kerepotan sendiri selama perjalanan.

  1. Istirahat jika lelah

Jangan terlalu memaksakan diri saat akan mudik. Kalau tubuh mulai lelah selama perjalanan, jangan sungkan untuk menepi sejenak di rest area untuk istirahat. Jangan memaksakan diri menyetir kalau berbahaya.

Karena Anda butuh istirahat, jangan berangkat mudik terlalu mepet dengan hari Raya. Maksimal H-3 Anda sudah harus melakukan perjalanan, sehingga bisa sampai rumah sebelum waktu lebaran tiba.

  1. Siapkan fisik dengan baik

Percuma kendaraan sudah disiapkan dengan baik kalau Anda sendiri tidak sedang ada pada kondisi prima. Sebelum mudik, jaga kesehatan dengan baik agar tidak drop dan aktivitas mudiknya jadi gagal.

Saat akan berangkat mudik, sahur dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selanjutnya kalau saat berbuka masih berada di jalan, makanlah makanan yang bergizi juga.

Bawa perbekalan seperti kurma, kue kering, atau roti selama perjalanan. Dengan begitu Anda masih bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mudah.

  1. Selalu pilih jalan terbaik

Saat mudik dengan kendaraan pribadi selalu ada dua pilihan jalan. Pertama adalah jalan biasa yang dipenuhi dengan halangan tapi mudah. Kedua adalah jalan tol yang memiliki tarif lebih mahal, tapi bisa membuat Anda sampai dengan cepat dan mudah.

Kalau Anda ingin segera sampai dan tubuh tidak capai, lebih baik memilih jalan tol. Dengan jalan ini Anda tidak akan macet-macetan, capai, dan boros bahan bakar.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang akan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi