Mudah Ditemukan, 5 Makanan Ini Terbukti Menyehatkan

bawang-putih-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

DokterSehat.Com– Bahan makanan yang mudah kita peroleh dan hampir selalu ada di rumah, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena telah terbukti menjadi salah satu pangan fungsional. Apa sajakah itu?

Kita tentu tahu bahwa masing-masing bahan makanan memiliki kandungan gizi dan manfaat masing-masing. Namun tidak banyak yang memang terbukti ampuh untuk kesehatan tubuh.

Beberapa makanan dibawah ini merupakan bahan makanan yang telah diteliti dan mampu menjadi pangan fungsional yang mampu mendukung kesehatan tubuh:

  1. Tomat

  2. Suatu penelitian menujukkan bahwa tomat mampu mengurangi risiko kanker dengan memberikan efek antoksidan dari likopen dan betakaroten. Manfaat tomat tersebut mampu melindungi prostat, payudara, pencernaan, mulut rahim dan kantung kemih. Kedua kandungan utama tomat tersebut juga diteliti mampu menguranti infark miokardi di jantung.

  3. Bawang putih

  4. Bawang putih memiliki manfaat yaitu sebagai antibiotik, pengontrol tekanan darah dan penurun kolestereol. Konsumsi bawang putih bekerja dengan memngaruhi beberapa fungsi enzimatik pada tubuh. Manfaat bawang putih tersebut mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

  5. Brokoli

  6. Kandungan Indole-3-carbinol pada brokoli diteliti mampu memberikan manfaat sebagai antikanker. Senyawa tersebut bekerja dengan memengaruhi pembentukan hormon.

  7. Buah-buahan yang asam

  8. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah yang asam, misalnya jeruk, lemon dan grapefruit memberikan berbagai zat gizi yaitu vitamin C, asam folat dan serat yang terbukti memberikan kekebalan tubuh. Selain itu buah-buahan yang asam memiliki kandungan limonoids yang merupakan zat fitokimia yang mampu mencegah kanker.

  9. Teh

  10. Minuman favorit banyak orang ini terbukti memiliki kandungan polifenol dan katekin yang merupkan antikosidan yang baik untuk mencegah kanker. Beberapa studi juga menunjukkan konsumsi teh mampu mencegah penyakit jantung melalui berbagai turunan bentuk polifenolnya.

Bahan makanan diatas cukup mudah kita peroleh, dan umum kita olah menjadi bumbu dan bahan masakan serta minuman sehari-hari.

Jadi, selain mudah kita dapatkan, bahan maknana diatas membuat kita mendapatkan banyak manfaat kan?