Terbit: 2 Mei 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Gula apa yang biasanya Anda gunakan? Kebanyakan dari kita menggunakan gula pasir untuk keperluan sehari-hari ya. Hal ini tentu lumrah karena gula pasir sangat mudah diperoleh. Namun ternyata ada lho pilihan gula dari bahan makanan alami yang juga mudah kita peroleh. Apa sajakah?

Mudah Diperoleh, Ini 3 Pilihan Makanan Alami Pengganti Gula

Dalam satu sendok gula pasir, atau 8-10 gram gula pasir, kita akan mendapatkan lebih dari 20 kalori. Dengan melakukan penggantian gula dengan makanan alami maka asupan kalori tubuh bisa lebih terkontrol. Tiga jenis makanan yang bisa digunakan untuk gula alami adalah:

1. Kurma

Makanan yang banyak dijual saat memasuki bulan Ramadhan ini, kini mulai banyak diolah menjadi pengganti gula. Berbagai jenis produk gula dari kurma semakin mudah kita peroleh. Tidak heran karena dalam satu sendok gula yang terbuat dari kurma asli hanya memiliki separuh kalori dari gula pasir putih. Hal ini tentu sangat baik karena kita bisa mengontrol asupan kalori namun tetap bisa merasakan makanan manis, ya.

2. Gula kelapa

Gula kelapa juga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari gula pasir. Dalam satu sendok gula kelapa terdapat 15 kalori. Keunggulan gula kelapa juga terletak pada indeks glikemiknya yang rendah sehingga hal ini akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

3. Madu

Ya, madu memang sudah terkenal sebagai produk dengan rasa manis yang kerap digunakan sebagai pengganti gula. Dalam satu sendok madu terkandung 16 kalori sehingga kalori pada madu lebih rendah dari gula pasir. Tidak hanya itu, madu terbukti memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Nah, itu dia tiga pilihan bahan pengganti gula pasir, meskipun ketiganya sama-sama mudah diperoleh seperti gula pasir, namun kandungan kalori ketiganya terbukti lebih rendah dari gula pasir, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi