Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika diabetes tipe 2 menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang jika kita tidak mengatur pola makan kita. Maka dari itu pencegahannya yang paling tepat tentu saja dengan mengontrol asupan makan dengan tepat.

Mudah Dilakukan, Ini Tips Makan yang Ampuh Cegah Diabetes

Pencegahan diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah, yang jika diterapkan maka pola makan sehat juga akan terbentuk. Dilansir dari Health.com, inilah tips pengaturan pola makan untuk mencegah terjadinya diabetes:

1. Cukupi kebutuhan karbohidrat tubuh

Pastikan asupan karbohidrat tidak berlebihan. Hal ini mencakup makanan pokok, misalnya nasi atau mie, serta camilan tinggi karbohidrat misalnya donat dengan gula atau keripik. Untuk memastikan kebutuhan karbohidrat Anda dengan tepat maka perhitungan kebutuhan energi perlu dilakukan oleh tenaga kesehatan atau ahli gizi.

2. Pilih karbohidrat whole grain

Whole grain memiliki kandungan serat yang tinggi, selain itu kandungan vitamin dan mineral yang ada pada whole grain lebih lengkap dibandingkan dengan grain biasa.

3. Mengombinasikan makanan berkarobihdrat

Anda tentu tahu kan bahwa ada cukup banyak makanan yang bisa kita jadikan pengganti nasi? Mengombinasikan makanan pokok bisa jadi cara jitu mencegah diabetes karena indeks glikemik yang masuk dalam tubuh juga akan berbeda-beda dan bervariasi gizinya.

4. Makan teratur

Terdengar sepele namun hal ini baik dilakukan untuk mencegah terjadinya diabetes. Dengan makan teratur maka gula darah tubuh akan terkontrol sehingga tubuh akan terbiasa dengan gula darah yang stabil. Biasakan untuk sarapan, makan siang dan makan malam dan diselangi dengan camilan setiap 2-3 jam sekali

5. Membatasi konsumsi minuman atau makanan manis

Yang satu ini tentu sudah sering Anda dengar, ya. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis utamanya dari gula buatan pada makanan dan minuman kemasan. Perlu diingat bahwa batas maksimal kita mengonusmsi makanan manis adalah sebanyak 4 sendok makan gula pasir, yang setara dengan dua porsi minuman atau makanan manis kemasan, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi