Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengurangi berat badan tentu menjadi goal untuk banyak orang. Cara efektif untuk mendapatkannya tentu saja dengan mengurangi porsi makan serta melakukan aktivitas fisik. Namun, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Mudah Dilakukan, Ini 4 Tips Mengurangi Berat Badan

Kebiasaan yang salah saat makan ternyata dapat memengaruhi asupan makanan yang berlebihan. Maka dari itu National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease memberi tips mudah untuk menurunkan berat badan, yaitu:

1. Membuat catatan saat akan berbelanja makanan

Umumnya saat berada di toko kita melihat cukup banyak produk yang bisa membuat kita lapar mata. Dengan membuat catatan apa saja yang akan kita beli maka kita akan memiliki panduan, sehingga makanan yang kita beli sesuai dengan yang kita butuhkan dan prinsip diet yang sedang kita lakukan. Jangan lupa usahakan Anda tidak sedang lapar saat sedang berbelanja ya.

2. Tidak menyediakan makanan yang tinggi kalori, gula dan lemak, di rumah

Dengan tidak menyediakan wadah berisi makanan yang menyebabkan berat badan naik maka akses untuk mengonsumsi makanan tersebut akan berkurang. Ganti isi wadah camilan yang biasanya tinggi kalori, gula dan lemak misalnya keripik atau gula-gula, dengan makanan tinggi serat misalnya kacang-kacangan atau buah kering

3. Mengonsumsi makanan porsi kecil saat di restoran

Saat makan di restoran porsi yang disajikan umumnya cukup besar sehingga kita cenderung makan lebih banyak. Untuk itu habiskan separuh saja porsi makanan di restoran dan bawa pulang sisanya untuk Anda habiskan pada jam makan berikutnya. Hal ini dapat membuat porsi makan kita dalam sehari lebih sedikit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Membuat catatan makanan harian (food dairy)

Catatan harian bisa membantu Anda dalam mengevaluasi hasil penerapan diet. Disamping itu Anda juga bisa mengoreksi apa saja makanan tinggi kalori, gula atau lemak yang masih sering Anda konsumsi dan berusahalah untuk mengurangi konsumsinya.

Nah, itu dia empat tips terkait kebiasaan makan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi berat badan. Cukup mudah dilakukan, kan? Selamat mencoba.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi