Terbit: 1 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika sedang diet, ada berbagai macam kendala yang akan Anda temui, salah satunya muncul rasa mual yang berlebihan. Pernahkah Anda merasakan mual saat diet?

Kenapa Ketika Diet Sering Merasakan Mual?

Rasa mual saat diet sebenarnya disebabkan oleh terjadinya ganguan lambung, di mana asam lambung telah bertambah dan membuat rasa nyeri di bagian ulu hati. Selain itu, juga bisa menyebabkan sesak nafas.

Bagi orang yang diet dan terlalu menekan pola makannya akan lebih berisiko terkena penyakit lambung, salah satunya maag. Ya, penyakit maag merupakan gangguan pada lambung yang meningkatkan asam lambung, itu sebabnya kita terasa mual dan ingin muntah. Bahkan, juga akan menciptakan sensasi panas layaknya terbakar pada bagian perut dan dada.

Salah satu penyebab maag adalah infeksi kuman H. Pylori, stres, dan telat makan. Jadi, tak heran jika Anda diet, Anda akan sering terasa mual. Hal tersebut menyebabkan ulkus atau luka pada lambung yang menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Cara mengatasi mual saat diet bisa dilakukan dengan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Menghindari makan makanan yang pedas, asam dan mengandung gas seperti sawi, kol, atau minuman bersoda.
  • Sebaiknya hindari dulu konsumsi teh atau kopi.
  • Boleh makan sedikit, tapi lakukan sering seperti 5 kali sehari.
  • Jangan sampai terlambat makan walaupun sedang menjalani program diet. Untuk itu, Anda harus makan dengan porsi program diet yang cocok.
  • Usahakan makan makanan diet yang sehat seperti makanan sayur, buah, karbohidrat, lemak sehat. Usahakan hindari makanan yang siap saji seperti sosis, chicken nugget, dan sebagainya.
  • Sebaiknya kelola saat sedang stres, lakukan hal yang menghibur dan mengurangi stres Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa atasi mual saat diet. Jika cara tersebut masih kurang ampuh, sebaiknya Anda bisa konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Perlu diingat, diet yang berlebihan dan tanpa pola hidup yang sehat bukan malah mendapatkan sehat, malah sakit, salah satunya adalah sakit mual dan sering muntah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi