15 Resep MPASI 6 Bulan yang Murah dan Bergizi

mpasi-bayi-6-bulan-doktersehat

DokterSehat.Com – Bayi Anda sudah 6 bulan? Ini artinya dia sudah perlu diberikan MPASI bayi 6 bulan karena ASI saja tidak cukup. Belum berpengalaman dalam mempersiapkan MPASI 6 bulan? Jangan panik! Yuk, simak resep MPASI 6 bulan yang bergizi dan murah di bawah ini.

Resep MPASI 6 bulan murah dan bergizi

Demi tumbuh kembang bayi yang optimal, MPASI 6 bulan haruslah bergizi dan diberikan sesuai dengan panduan memberikan mpasi yang tepat. Selain bergizi, para ibu juga berharap ada MPASI bayi 6 bulan yang murah. Tenang bunda, ada kok resep MPASI 6 bulan yang bergizi dan murah.

Inilah beberapa contoh resep MPASI 6 bulan yang murah dan bergizi:

1. Pure pisang

Usia 6 bulan adalah tahap awal MPASI bagi bayi. Menu MPASI bayi 6 bulan memang harus diberikan secara bertahap baik dari sisi bahan makanan maupun secara tekstur. Sebaiknya MPASI 6 bulan yang pertama kali diberikan adalah dalam bentuk pure.

Pure pisang adalah salah satu contoh MPASI 6 bulan yang bergizi dan murah. Gunakanlah pisang yang manis seperti pisang ambon. Resep mpasi 6 bulan yang satu ini sangat mudah dibuat. Pure pisang dibuat dengan cara menghancurkan pisang sampai halus.

Teknik menghancurkan pisang sebaiknya menggunakan sendok dan hindari blender agar nutrisi tidak berkurang. Pisang yang telah hancur ini kemudian disaring hingga seperti pure. Pure pisang bisa disajikan bersama sedikit ASI.

2. Pure pepaya

Jika bayi Anda tidak mengalami tanda-tanda reaksi alergi setelah diberikan pure pisang maka Anda bisa mencoba menu MPASI bayi 6 bulan yang lain. Resep MPASI 6 bulan yang bisa Anda coba berikan adalah pure pepaya.

Pure pepaya juga merupakan menu MPASI 6 bulan murah dan bergizi. Kandungan gizi di dalam pepaya sangat baik untuk bayi. Harga pepaya pun juga cukup murah. Cara membuat pure pepaya juga sangat sederhana seperti cara membuat pure pisang.

Resep pure pepaya untuk bayi 6 bulan harus menggunakan pepaya yang manis dan segar. Cara membuat pure pepaya adalah dengan mengupas kulit dan membuang biji pepaya lalu bersihkan pepaya dengan air mengalir.

Pepaya yang sudah bersih dan tanpa biji kemudian dihaluskan. Penghalusan pepaya bisa menggunakan blender atau juicer. Setelah itu, pepaya yang telah diblender disaring hingga halus dan pure pepaya siap disajikan. Anda bisa menambahkan ASI pada pure pepaya.

3. Pure wortel

Resep MPASI 6 bulan yang murah dan bergizi adalah pure wortel. Menu MPASI bayi 6 bulan yang satu ini mengandung banyak manfaat kesehatan terutama untuk mata bayi. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuat pure wortel terbilang murah.

Sebaiknya gunakanlah wortel yang manis dan berwarna oranye cerah. Cara membuat pure wortel sedikit berbeda dengan pure yang terbuat dari buah-buahan. Resep pure wortel dibuat dengan merebus wortel terlebih dahulu.

Wortel yang telah dibersihkan dan dipotong harus direbus terlebih dahulu hingga lunak. Potonglah wortel menjadi bagian yang sangat kecil. Hal ini bertujuan agar wortel cepat lunak tanpa harus direbus terlalu lama sehingga kandungan nutrisi hanya berkurang sedikit.

Wortel yang telah lunak itu lalu dihaluskan dengan menggunakan blender. Anda bisa mencampurkan ASI saat menghaluskan wortel dengan blender. Setelah itu, saringlah wortel yang telah diblender. Pure wortel pun siap disajikan dan diberikan untuk bayi.

4. Pure labu kuning

Selain wortel, jenis umbi lain yang bisa digunakan sebagai MPASI bayi 6 bulan adalah labu kuning. Labu kuning adalah jenis umbi yang memiliki banyak manfaat dan harganya cukup murah. Resep MPASI 6 bulan dengan bahan dasar labu kuning sangat cocok bagi bayi.

Cara membuat pure labu kuning hampir sama dengan cara membuat pure wortel. Hal ini dikarenakan wortel dan labu kuning adalah umbi-umbian yang kasar. Oleh karena itu, cara membuat pure labu kuning harus direbus terlebih dahulu.

Resep pure labu kuning sangat mudah dipratikkan. Resepnya adalah dengan menggunakan labu kuning matang yang manis. Labu kuning harus dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, dipotong menjadi beberapa potongan kecil agar cepat lunak setelah direbus.

Setelah itu, labu kuning direbus hingga lunak lalu angkat. Haluskanlah labu kuning bersama ais susu ibu (ASI) dengan menggunakan blender. Jika labu kuning telah halus maka selanjutnya adalah menyaringnya. Pure labu kuning pun siap dinikmati oleh bayi.

5. Pure semangka

Pure semangka juga merupakan MPASI 6 bulan yang bergizi dan murah. Kandungan zat gizi di dalam semangka baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Anda bisa menyiapkan pure semangka tanpa membuat kantong bolong.

Cara membuat pure semangka hampir sama dengan membuat pure pepaya. Resep pure semagka adalah dengan menggunakan semangka matang dan manis. Cara membuat pure semangka adalah dengan mengupas kulit dan membuang seluruh bijinya.

Setelah itu, haluskan semangka dan air susu ibu di dalam blender. Jika semangka telah halus, selanjutnya adalah menyaringnya agar semangkan menjadi lebih lembut. Pure semangka yang telah disaring bisa dijadikan sebagai contoh MPASI 6 bulan.

6. Pure brokoli

Selain buah dan umbi, resep MPASI 6 bulan juga bisa memanfaatkan sayuran. Jenis sayuran bergizi dan murah yang bisa dijadikan MPASI bayi 6 bulan adalah brokoli. Pure brokoli adalah contoh MPASI yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Cara membuat pure brokoli hampir sama dengan membuat pure wortel. Brokoli harus dibersihkan dan dipotong-potong. Jangan merebus brokoli karena bisa mengurangi vitamin dan mineralnya. Anda cukup menuang brokoli dengan air mendidih sebentar saja.

Setelah itu, haluskanlah brokoli bersama ASI dengan menggunakan blender. Setelah brokoli halus maka selanjutnya adalah menyaring brokoli agar teksturnya lebih lembut dan halus. Ini penting bagi bayi 6 bulan yang baru mulai makan.

7. Pure kentang

Pure kentang adalah resep MPASI 6 bulan murah dan bergizi. Kentang adalah makanan pokok yang bergizi. Pilihlah kentang dengan kualitas yang baik untuk dijadikan pure kentang. Cara membuat pure kentang ini sama dengan membuat pure wortel atau pure labu kuning.

8. Pure mix (pure campuran)

Jika bayi Anda tidak mengalami alergi pada beberapa jenis pure maka Anda bisa memberikan beberapa pure tersebut menjadi satu pure atau disebut pure mix. Contoh pure mix adalah pure pepaya pisang, pure kentang wortel, pure brokoli labu luning, dan lainnya. Akan tetapi, perlu diingat jika ada umbi atau sayuran maka harus direbus dulu.

9. Bubur pisang maizena

Selain pure, resep MPASI 6 bulan bisa diberikan dalam bentuk lain. Bubur pisang maizena adalah contoh menu MPASI yang murah dan bergizi. Resep bubur pisang maizena adalah dengan merebus tepus maizena dengan air lalu tambahkanlah pure pisang.

10. Bubur bit maizena

Bubur bit maizena termasuk contoh MPASI 6 bulan yang bergizi bagi bayi. Anda telah mengetahui beberapa manfaat bit dan harga bit pun juga cukup murah. Resep bubur bit adalah dengan mencampurkan bubur maizena dengan pure bit.

11. Bubur susu beras merah

Contoh MPASI 6 bulan bergizi dan murah adalah bubur susu beras merah. Caranya adalah dengan merebus beras merah lalu disaring atau bisa juga merebus tepung beras merah jika ingin lebih praktis. Setelah itu, campurlah bubur beras merah tersebut dengan ASI.

12. Bubur susu bayam merah

Resep bubur susu bayam merah mirip dengan bubur susu beras merah. Setelah bubur beras merah matang maka campurlah pure bayam dan ASI. Resep MPASI 6 bulan ini sangat bergizi bagi bayi Anda.

13. Bubur susu jagung manis

Bayi Anda juga perlu diperkenalkan dengan jagung manis. Selain bergizi dan murah, jagung manis memiliki rasa yang sangat disukai bayi. Jadi, bayi akan secara lahap menyantapnya. Rebuslah jagung manis lalu blender bersama ASI. Setelah itu, saringlah sampai halus dan bubur susu jagung manis siap dihabiskan oleh bayi Anda.

14. Bubur merah kaldu sayuran

Resep bubur merah kaldu sayuran ini memang lebih kompleks. Akan tetapi, menu ini merupakan contoh resep MPASI 6 bulan yang kaya akan mineral dan vitamin. Anda perlu membuat kaldu sayuran terlebih dahulu lalu campurlah ke dalam bubur beras merah yang sudah matang.

15. Bubur merah kaldu ayam

Bubur merah kaldu ayam adalah menu MPASI yang terbuat dari campuran bubur beras merah dengan kaldu ayam. Menu MPASI ini sangat kaya akan zat-zat gizi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Setelah bubur beras merah matang lalu campurlah kaldu ayam. Ini akan menjadi kesukaan bayi karena rasa gurihnya yang alami dan menyehatkan.