10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak yang Tepat

bagaimana-cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap ibu pasti berharap anaknya memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini dikarenakan motivasi belajar berdampak pada prestasi yang akan diraih. Oleh karena itu, para ibu yang menginginkan agar anaknya meraih prestasi yang gemilang akan berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar anak kandungnya itu.

Mungkin ada sebagian ibu yang telah mencoba berbagai untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Namun, cara-cara tersebut tidak memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar anak. Ada kemungkinan hal ini dikarenakan cara tersebut tidak tepat.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak yang Tepat

Cara meningkatkan motivasi belajar anak haruslah tepat agar memberikan hasil yang optimal. Cara meningkatkan motivasi belajar yang tidak tepat hanya akan menguras tenaga dan waktu. Oleh karena itu, simaklah beberapa cara meningkatkan motivasi belajar anak yang tepat di bawah ini.

1. Menetapkan tujuan

Cara meningkatkan motivasi belajar anak yang pertama adalah dengan menetapkan tujuan terlebih dahulu. Ajaklah anak Anda untuk menetapkan tujuan belajar. Bimbinglah anak untuk membuat beberapa tujuan jangka pendek dan salah satu tujuan jangka panjang.

Pastikan tujuan tersebut dapat dicapai tetapi memerlukan upaya untuk meraihnya. Dan pastikan Anda terus mengingatkan tujuan ini kepada anak agar dia terus mengingatnya bahkan tanpa perlu Anda ingatkan. Anak pun menjadi tahu arah dan tujuan setiap kali dia belajar sehingga motivasi belajar dari dalam diri anak tumbuh secara alami.

2. Membuat rencana

Ketika tujuan sudah ditetapkan maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Bantulan anak untuk membuat strategi rencana untuk mencapai tujuan mereka.

Bagilah beberapa rencana tersebut selangkah demi selangkah. Anda bisa mencetak rencana yang sudah dibuat dan tujuan yang sudah ditetapkan. Letakkan lah di tempat anak biasa belajar.

3. Menemukan dan mengembangkan minat dan bakat anak

Janganlah memaksa anak untuk menjadi seseorang berdasarkan ambisi Anda sebagai orang tua. Biarkanlah mereka menemukan profesi yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Temukan dan pelajarilah tentang minat dan bakat anak Anda.

Bantulah anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Apabila mereka sudah menemukan minat dan bakatnya maka pilihlah pelajaran sesuai minat dan bakatnya itu. Cara belajar yang sesuai dengan minat dan bakat anak akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

4. Berikanlah anak kekuasaan atas dirinya sendiri

Cara belajar anak akan menjadi menyeramkan bila dilakukan atas kontrol dari luar. Anak akan merasa seperti dipenjara atau hanya seperti menerima perintah saja. Lambat laun anak akan menjadi lelah dan bosan untuk belajar. Mereka akan kehilangan motivasi belajar.

Oleh karena itu, berilah mereka sedikit demi sedikit kontrol atas diri mereka sendiri. Hal ini selain meningkatkan motivasi belajar anak, bisa juga untuk melatihnya bertanggung jawab atas keinginannya sendiri. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan tidak ragu dalam mengambil keputusan kelak di masa depan.

Baca juga: Jangan Paksa Anak Belajar Calistung!

5. Tetap Positif

Pertahankanlah pandangan positif dan optimis untuk anak-anak Anda. Jika mereka melihat ketakutan atau keraguan di mata Anda maka mereka akan kehilangan kepercayaan diri. Memiliki pendekatan positif akan meringankan seluruh pandangan mereka terhadap suatu situasi.

Anda harus mempercayai mereka dan meyakinkan mereka bahwa Anda percaya dengan apa yang mereka inginkan dan lakukan. Latihlah mereka untuk menjaga kepercayaan Anda. Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar anak.

6. Berikan pujian dan hadiah

Ketika anak Anda mencapai tujuan jangka pendek mereka, biarkan mereka tahu bahwa Anda bangga dengan mereka. Berilah anak pujian sehingga dia akan merasa bahwa usahanya membuahkan hasil.

Anda juga bisa memberinya hadiah kepada anak Anda atas kerja kerasnya. Buatlah anak sadar bahwa ia telah berhasil mencapai satu tahap dan bersiap melangkah ke tahap selanjutnya. Pujian dan hadiah ini bisa meningkatkan motivasi belajar anak.

7. Ciptakan komunikasi yang terbuka dan luwes

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar anak adalah dengan menciptakan komunikasi yang terbuka dan luwes antara Anda dan anak Anda. Anak membutuhkan teman untuk berbagi cerita dan berdiskusi. Dan orang tua adalah teman terbaik untuk anak.

Jadilah orang tua yang bersahabat dengan anak. Dengan begitu, sekecil apa pun masalah termasuk masalah cara belajar anak, dia akan berbicara kepada Anda dengan mudah. Berikanlah solusi ketika anak meminta dan berikanlah respon positif dan jawaban yang tepat.

8. Bagikan antusiasme Anda untuk belajar

Anda adalah orang yang paling dekat dengan anak Anda dikarenakan Anda satu rumah dengannya. Biasanya, anak akan melihat orang tuanya sebagai sosok yang ideal untuk ditiru. Oleh karena itu, milikilah antusias dalam belajar. Dengan begitu, hal positif itu akan menulari anak Anda sehingga motivasi belajar anak meningkat tanpa dia sadari.

Baca juga: Kenali Jenis dan Ciri-Ciri Gangguan Belajar pada Anak

9. Perkenalkan berbagai jenis cara belajar

Setiap anak memiliki preferensi dan cara belajar yang berbeda-beda. Beberapa anak memiliki cara belajar yang dominan, sementara yang lain lebih suka belajar menggunakan campuran dari beberapa cara belajar.

Tidak ada satu cara belajar yang benar atau salah. Yang ada adalah cara belajar yang tidak tepat untuk anak tersebut. Dan dengan membantu anak Anda menemukan cara belajar yang disukai, Anda dapat menggunakan teknik yang akan meningkatkan motivasi belajarnya.

10. Jadikan belajar menjadi menyenangkan

Cara belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar anak secara efektif. Dan pembelajaran berbasis permainan adalah cara belajar yang menyenangkan untuk anak. Carilah referensi permainanan terkait materi anak. Dan ajaklah mereka belajar dengan cara belajar tersebut. Motivasi belajar anak Anda pasti anak meningkat.