Terbit: 4 Juli 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Morning sex adalah salah satu aktivitas yang baik untuk memulai hari. Orgasme di pagi hari dapat meningkatkan kadar hormon seperti serotonin dan oksitosin yang membuat Anda merasa lebih terhubung dengan pasangan sepanjang hari. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat, tips, dan posisi seks yang bisa dilakukan selengkapnya di bawah ini.

Morning Sex: Manfaat, Tips, dan Posisi Seks yang Nyaman

Manfaat Morning Sex bagi Kesehatan

Bagi beberapa orang, waktu pagi saat hari kerja adalah waktu di mana semua dikerjakan dengan terburu-buru. Sementara waktu pagi di akhir pekan sering kali hanya diisi dengan bermalas-malasan di kasur.

Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan, sebaiknya jangan melewatkan waktu pagi begitu saja. Seks di pagi hari adalah aktivitas yang cocok dilakukan untuk memulai hari dengan baik. Berikut adalah berbagai manfaat morning sex yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Kemampuan Seksual

Manfaat morning sex yang pertama adalah meningkatkan kemampuan seksual. Hal tersebut disebabkan karena kadar estrogen dan testosteron berada pada puncaknya di waktu pagi. Tingkat testosteron yang tinggi akan meningkatkan libido pasangan dan meningkatkan fungsi seksual. Selain itu, tingginya kadar testosteron juga meningkatkan kekuatan ereksi.

2. Meningkatkan Hubungan dengan Pasangan

Apakah hubungan Anda dengan pasangan mulai terasa renggang? Jika iya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merekatkan kembali hubungan adalah dengan morning sex. Berhubungan seksual membuat tubuh menghasilkan hormon oksitosin atau dikenal sebagai hormon cinta.

Hormon yang dilepaskan saat berhubungan seks ini membuat Anda merasa lebih terhubung dengan pasangan.

3. Menghilangkan Stres

Jika pekerjaan sehari-hari membuat Anda stres, upaya yang bisa dilakukan untuk meredakannya adalah dengan seks di pagi hari. Sebuah studi menemukan bahwa kegiatan yang menyenangkan dapat mengurangi kadar hormon stres. Oleh karena itu, berhubungan seks di pagi hari adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk mengurangi stres.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Selain menjaga suasana hati lebih baik, morning sex membantu tubuh untuk menghasilkan endorfin, zat alami yang dihasilkan tubuh untuk mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan suasana hati. Kondisi ini membuat Anda menjalani hari dengan lebih baik.

5. Membantu Membakar Kalori

Menurut penelitian, aktivitas seks dapat membakar sekitar lima kalori per menit. Jika Anda berhubungan selama 15 menit hal tersebut dapat membakar setidaknya 75 kalori. Apakah Anda ingin menunda aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan ini?

6. Meningkatkan Kemampuan Otak

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan otak dengan cepat? Morning sex adalah jawabannya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh melepaskan campuran neurotransmitter seperti dopamin, hal tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan otak dan kognisi.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah studi menunjukkan bahwa berhubungan seksual dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari bakteri, virus, dan kuman. Hal ini menjadikan kegiatan bercinta di pagi hari menjadi penting karena bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai patogen sepanjang hari.

8. Membantu Terlihat Lebih Muda

Manfaat lainnya adalah bisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Hal ini disebabkan aktivitas seks membuat tubuh melepaskan oksitosin, beta endorfin, dan molekul antiinflamasi.

Seks di pagi hari juga membuat peningkatan sirkulasi darah dan lonjakan kadar DHEA, di mana hal tersebut dikaitkan dengan kulit yang bersinar dan rambut yang sehat

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat Anda berhubungan seks dan mencapai orgasme, otak akan melepaskan oksitosin, menurunkan kortisol, serta melepaskan melatonin yang membantu Anda untuk tidur. Kombinasi senyawa kimia di dalam tubuh ini dapat membuat tidur yang lebih dalam.

Tips Melakukan Morning Sex

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat seks di pagi hari, hal penting yang harus diketahui adalah bagaimana cara memulainya agar pasangan merasa nyaman untuk melakukannya. Berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Atur Rencana Bersama

Sangat penting untuk mengomunikasikan keinginan ini dengan pasangan. Hal ini menjadi penting supaya pasangan dapat mengatur waktu untuk melakukannya. Jangan memulai hubungan seks di pagi hari jika pasangan tidak membalas antusiasme yang Anda berikan.

2. Jangan Menunggu Mood Seks Datang

Jika Anda berharap untuk bangun sepenuhnya dalam kondisi terangsang dan siap melakukan hubungan seks, sepertinya hal tersebut dapat berujung pada kegagalan. Anda harus proaktif untuk mendapatkan mood yang sesuai.

3. Membangunkan Pasangan dengan Pijatan Sensual

Supaya seks di pagi hari dimulai dengan lancar, Anda bisa mengawalinya dengan memberikan sentuhan yang seksi atau pijatan sensual. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan barang-barang yang bisa meningkatkan gairah di samping tempat tidur.

4. Melakukannya Sebelum Mandi

Berhubungan seks di pagi hari mungkin akan memotong rutinitas pagi Anda, akan tetapi jangan menjadikan hal tersebut masalah. Setel alarm lebih awal atau melakukannya sebelum mandi. Hal ini menjadi penting agar morning sex tidak mengganggu rutinitas pagi lainnya.

5. Melakukannya saat Mandi

Selain melakukannya sebelum mandi, Anda juga bisa berhubungan seks ketika mandi pagi. Mandi bersama selain bisa menghemat air juga bisa membuat seks di pagi hari berlangsung lebih cepat dibanding di kasur.

6. Mengatur Posisi Seks

Jika seks dilakukan di hari kerja, hal tersebut bisa membuat Anda terburu-buru untuk melakukannya. Oleh karena itu, pilihlah posisi seks yang sederhana dan tidak menyita banyak tenaga.

7. Siapkan Permen Karet

Salah satu kondisi yang sering menjadi permasalahan banyak pasangan adalah bagaimana mengatasi bau mulut di pagi hari. Pada dasarnya, tidak ada orang yang suka dengan napas pada pagi hari, akan tetapi hal tersebut jangan menjadi halangan untuk melakukan morning sex.

Oleh karena itu, siapkan permen karet penghilang bau mulut di tempat tidur dan hindari posisi seks tatap muka.

Posisi Seks yang Membuat Hubungan Lebih Intim

Pada dasarnya, posisi seks pada pagi hari tidak berbeda dari waktu lainnya. Berikut adalah berbagai posisi seks yang bisa Anda coba lakukan, di antaranya:

1. Spooning

Posisi morning sex yang tidak membuat tubuh banyak bergerak adalah spooning. Posisi ini memungkinkan Anda dan pasangan tetap nyaman saat berhubungan intim. Cara ini dilakukan dengan menghadap arah yang sama oleh kedua pasangan, hal tersebut membuat penetrasi dilakukan dari belakang.

2. Doggy

Gaya doggy adalah posisi klasik yang bagus untuk penetrasi dalam dan menawarkan banyak kesenangan bagi kedua belah pihak. Posisi ini mengharuskan wanita dalam posisi merangkak, setelah itu pria bisa melakukan penetrasi dari belakang.

Anda juga bisa mengubah gaya doggy dengan membungkuk di atas tempat tidur, kemudian pasangan melakukan penetrasi dengan berdiri di pinggir tempat tidur.

3. Cowgirl

Jika Anda ingin memegang kendali, cobalah posisi cowgirl. Ini adalah posisi klasik yang memungkinkan Anda mengendalikan kesenangan. Posisi ini menempatkan wanita di posisi atas. Meski posisi ini membuat pria bisa mengatur kendali, wanita juga bisa mengatur tempo gerakan.

4. The Side 69

Ini adalah posisi sempurna untuk memberi dan mendapatkan oral tanpa harus banyak bergerak. Cara ini dilakukan dengan berbaring miring dan menghadap pasangan. Arahkan posisi kepala sehingga Anda bisa merangsang organ intimnya, begitu juga sebaliknya.

5. Ankle Choker

Posisi ini hampir sama seperti posisi misionaris. Seorang pria harus mengangkat lutut pasangannya sehingga kakinya bertumpu di tempat tidur. Setelah itu angkat pinggulnya supaya lebih dekat dengan Anda

Kemudian angkat salah satu kaki dan letakkan di bahu Anda, lalu lakukan pada kaki satunya. Setelah itu Anda bisa langsung melakukan penetrasi. Untuk memberikan rangsangan tambahan Anda bisa meremas tangan atau pahanya.

 

  1. Scaccia, Annamarya. 2019. Morning Sex: How to Get It on in the A.M. and Why You Should. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/morning-sex#-positions. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  2. Siclait, Aryelle. 2019. 15 Reasons Morning Sex Is The BEST Sex—And How To Make It Hotter. https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a29566960/morning-sex-benefits/. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  3. Roberts, Kayleigh. Why Morning Sex Is So Good For You & How To Do It More Often. https://www.mindbodygreen.com/articles/morning-sex-benefits. (Diakses pada 4 Juni 2020).

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi