Tips Menghadapi Mood Swing Saat Hamil

doktersehat mood swing saat hamil
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Saat hamil, salah satu perubahan yang biasa terjadi apda tubuh wanita adalah mood swings, atau perubahan suasana hati yang tidak menentu. Dalam sehari, perasaan ibu hamil bisa berubah dari senang dan bahagia lalu secara drastis menjadi sedih hingga menangis tersedu-sedu tanpa sebab yang jelas.

Bagi ibu hamil yang mengalaminya, tidak perlu khawatir karena hal tersebut normal. Perubahan mood ini dipengaruhi oleh peningkatan kadar estrogen dan progesteron dalam darah sehingga ibu hamil lebih mudah sensitif. Umumnya mood swing terjadi pada saat 12 minggu pertama kehamilan. Setelah memasuki trimester kedua, biasanya ibu hamil sudah lebih tenang dan lebih bisa mengendalikan diri.

Cara menghadapi mood swing saat hamil

Meskipun mood swing adalah pengaruh hormon yang susah dikendalikan saat hamil, namun Anda bisa menghadapinya dengan beberapa cara berikut:

1. Pahami kondisi diri sendiri

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah, ibu hamil perlu memahami kondisi dirinya sendiri. Memahami bahwa saat hamil akan sering perubahan mood dapat membuat Anda lebih mudah menghadapinya. Selain lebih tenang, Anda juga dapat mengendalikan mood agar tidak terlalu bersedih atau terlalu emosional.

2. Bicarakan dengan orang lain

Saat mengalami mood swing, Anda mungkin pelru membicarakannya dengan teman dekat atau keluarga Anda. Minta mereka untuk mendengarkan keluhan atau curahan hati Anda sehingga Anda tidak merasa sendirian terbebani perasaan tersebut.

3. Banyak beristirahat

Anda mungkin merasa tidak terlalu lelah sehingga mengabaikan waktu beristirahat. Namun jika ada waktu untuk beristirahat atau tidur siang, sebaiknya manfaatkan kesempatan tersebut. Ambil cuti jika perlu untuk mengembalikan tenaga Anda. Dengan istirahat yang cukup Anda dapat menjaga mood Anda agar tidak mudah berubah.

4. Relaksasi

Lakukan hal-hal yang membuat Anda gembira. Anda bisa melakukan hobi Anda, selama hobi tersebut tidak membahayakan kondisi ibu dan janin. Lakukan pijat atau spa, menonton film kesukaan Anda, atau hal-hal lainnya yang membuat Anda bahagia. Dengan hati yang tenang dan bahagia, Anda akan lebih mudah menghadapi perubahan mood yang bisa datang sewaktu-waktu.

5. Olahraga

Berolahraga juga dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Lakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan pagi atau jalan santai di sore hari serta mengambil kelas yoga khusus untuk hamil. Selain membantu tubuh Anda menjadi lebih bugar, Anda juga dapat mempersiapkan diri untuk mempersiapkan persalinan.