Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mungkin banyak dari Anda yang langsung mengernyitkan dahi saat mendengar nama minyak satu ini. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh karena minyak ini tidak setenar minyak esensial lainnya. Ialah minyak mongongo atau yang juga dikenal dengan minyak manketti.

Mongongo Oil, Minyak Alami yang Ampuh Merawat Kulit

Minyak mongongo merupakan minyak esensial yang diekstraksi dari biji buah pohon manketti. Pohon manketti sendiri merupakan pohon yang ditemukan hidup di wilayah gurun Sahara. Sejumlah ahli bahkan menyebut jika minyak mongongo memiliki kemampuan merawat kulit melebihi minyak kelapa. Apalagi minyak mongongo juga diperkaya dengan beragam vitamin, mineral dan fatty acid. Berikut sejumlah manfaat minyak mongongo.

1. Meredakan Peradangan Kulit

Anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau pun rentan berjerawat memiliki risiko tinggi mengalami peradangan. Hak ini biasanya disebabkan oleh reaksi alergi atau pun infeksi bakteri pada kulit. Kendati demikian, menggunakan minyak mongongo merupakan pilihan yang tepat. Apalagi minyak mongongo juga dilengkapi dengan kandungan zat anti peradangan.

2. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Berbeda dari minyak kelapa, jenis fatty acid pada minyak mongongo memiliki ketahanan yang lebih lama dalam menjaga kelembapan kulit. Tidak heran jika penggunaan minyak mongongo menjadikan kulit senantiasa terasa lembap dan lembut. Jenis minyak yang demikian juga disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering atau normal cenderung kering.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Dilansir dari laman Refinery 29, minyak mongongo ternyata juga dapat berperan sebagai sunscreen. Mengaplikasikan minyak mongongo pada kulit akan membentuk lapisan pelindung yang mencegah masuknya sinar UV yang dapat menembus dan merusak sel kulit. Tidak heran jika penggunaan minyak mongongo akan menghindarkan kulit dari risiko kulit berkeriput dan kulit kusam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Minyak mongongo atau minyak manketti merupakan salah satu minyak yang sudah sejak lama digunakan. Tidak heran jika minyak satu ini memiliki kemampuan yang tidak perlu lagi diragukan dalam merawat kulit. Selain menjaga kesehatan kulit, minyak mongongo juga dapat merawat kesehatan rambut Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi