DokterSehat.Com– Bagaimana perasaan Anda setelah pertama kali mengetahui bahwa Anda hamil? Tentunya Anda dan pasangan merasa sangat bahagia. Kini yang perlu Anda lakukan dalam menyambut si kecil selain menjaga kesehatan, mencari dokter dan bidan yang terpercaya adalah mencari tahu tentang perkembangan bayi selama masa kehamilan.

doktersehat-hamil-minum-kopi

Berbagai cara untuk mendapat informasi mengenai kehamilan bisa Anda dapatkan melalui buku, kelas maternity atau parenting, juga melalui akses internet. Salah satu yang perlu Anda ketahui di tahap awal kehamilan adalah perkembangan janin di trimester pertama.

Pada masa dua minggu setelah pembuahan, Anda biasanya belum merasakan perubahan berarti dalam tubuh Anda. Janin baru akan terbentuk ketika minggu kelima setelah pembuahan atau ketika haid berhenti. Pada masa ini, calon bayi Anda masih seukuran biji wijen atau seberat 0,00364 gram.

Pada minggu kelima, beberapa ibu hamil sudah mengalami mual dan muntah atau yang dikenal sebagai morning sickness. Meskipun pada nyatanya morning sickness bisa terjadi pada kapan saja, baik pada siang maupun malam. Pada usia kehamilan ini ukuran janin berkembang sekitar 2 mm dan beberapa bagian seperti tulang sum-sum, tulang belakang, otak dan otot sudah mulai terbentuk.

Memasuki minggu kedelapan, janin dalam perut Anda sudah menyerupai wujud manusia. Anggota badan janin dapat dilihat dengan tangan dan kaki terbentuk lebih sempurna. Berat bayi bertambah sekitar 2 gram dengan panjang janin sekitar 2,3 cm.

Pada minggu kesebelas, bagian wajah bayi sudah terbentuk sempurna. Biasanya jenis kelamin bayi juga sudah akan terlihat. Berat janin pada saat ini biasanya sudah mencapai sekitar 7 hingga 8 gram dengan panjang 4,1 cm. Pada minggu keduabelas, kuku pada janin mulai tumbuh dan berat janin berkembang pesat hingga 14 gram.

Pada masa trimester pertama kehamilan sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin prenatal yang kaya akan asam folat. Selain asam folat, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan 10 mcg vitamin D dan kalsium. Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi yang cukup. Hindari makan-makanan yang mentah karena berisiko bagi perkembangan janin Anda.