Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mainan yang tepat dapat membantu Anda untuk merangsang tumbuh kembang anak. Nah, mainan apa yang cocok untuk bayi berusia 4 bulan?

Mom, Ini Mainan yang Cocok Untuk Bayi 4 Bulan

Photo Credit: pexels.com

Perkembangan bayi 4 bulan

Bayi yang berusia 4 bulan sudah menunjukkan perkembangan pesat dalam hal motorik dan sosialnya. Ia sudah mulai berusaha menggunakan tangan dan mata secara bersamaan untuk melihat dan meraih mainannya. Ia juga sudah mulai mengenali orang dan hal yang familiar dari kejauhan, serta mulai bisa memasukkan tangan ke mulut. Dengan kemampuan bayi seperti ini, pilihan mainan untuk bayi berusia 4 bulan semakin beragam.

Beberapa permainan yang cocok untuk bayi 4 bulan

Saat memilih mainan untuk bayi berusia 4 bulan, Anda bisa memberikannya mainan yang dapat menunjang tumbuh kembang si kecil yang menguatkan motorik dan mengembangkan kemampuan berbahasa dan sosialnya. Beberapa permainan yang disarankan antara lain:

1. Mainan yang merangsang kemampuan tangan anak
Anak perlu dirangsang untuk menggerakkan tangan dengan baik. Anda bisa memberinya mainan boneka lembut yang berisi kapas di dalamnya. Mainan ini akan menarik minat anak untuk menggenggamnya. Dengan begitu anak juga akan mengenal banyak tekstur di sekitarnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Mainan merangsang pertumbuhan gigi
Beberapa bayi tumbuh gigi di usia 6-7 bulan lalu, namun ada juga bayi yang tumbuh gigi di usia 4 bulan. Pada usia ini sebaiknya bayi diberi teether yang dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi dan meredakan gusi yang gatal.

3. Mainan yang merangsang pendengaran bayi
Mainan yang mengandung suara, lagu dan berbagai jenis musik juga dapat digunakan untuk merangsang pendengaran bayi. Selain itu ia mainan yang mengandung musik juga dapat menyebabkan anak mulai memahami hubungan mainan dengan reaksi.

4. Bacakan buku

Membacakan buku pada anak dapat membuat anak mengembangkan kemampuan berbahasanya. Hal ini dapat membuat anak tertarik dengan buku sejak usia dini.

Bagaimana Mom, mainan apa saja yang akan Anda berikan untuk anak?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi