Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak senang bernyanyi bersama bayi? Semua orang tentu senang bermain dan bernyanyi bersama si kecil. Nah ternyata, bernyanyi untuk bayi baru lahir memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan bayi lho Mom. Apa saja?

Mom, Ini Dia Manfaat Bernyanyi Bersama Si Kecil

Manfaat bernyanyi bagi bayi

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bernyanyi memiliki manfaat bagi perkembangan kecerdasan bayi. Bahkan menyanyi lebih punya banyak manfaat bagi bayi dibanding mengajak bayi berbicara. Beberapa manfaat menyanyi untuk bayi antara lain:

1. Baik untuk perkembangan otak

Menyanyi baik untuk perkembangan otak bayi. Musik membantu meningkatkan kognitif sehingga perkembangan bahasa bayi menjadi lebih lancar. Pada beberapa anak yang menderita autisme juga dilakukan terapi bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya.

2. Menenangkan bayi rewel
Menyanyi untuk bayi juga bermanfaat untuk menenangkannya ketika rewel. Dalam sebuah penelitian, bayi dapat menjadi lebih tenang dan mampu mengatur emosi katika mendengan suara orang lain bernyanyi.

3. Membantu detak jantung bayi lebih teratur

Ternyata musik dapat membantu detak jantung bayi lebih teratur. Saat mendengarkan nyanyian dan mendengarkan musik, ada irama tertentu yang ikut membuat detak jantung bayi lebih teratur. Dengan demikian, bayi juga akan menjad lebih tenang.

4. Memperkaya kosakata bayi
Dengan bernyanyi untuk bayi, Anda dapat membantu memperkaya kosakata bayi. Bayi yang sering mendengar nyanyian juga akan lebih cepat menghafal nyanyian, memiliki perbendaharaan kaya yang lebih banyak serta melatih bayi untuk bersuara atau berkata-kata.

Nah, banyak kan manfaat bernyanyi bersama bayi?. Bagi Bunda yang ingin bernyanyi bersama si kecil, sebaiknya hindari memperdengarkan lagu pada bayi Anda melalui headphone, atau earphone karena dapat merusak pendengarannya. Lebih baik menyanyikan lagu tersebut secara lirih agar bisa dinikmati oleh si kecil. Selain itu, pilihlah lagu-lagu anak atau lagu yang bermakna positif dan cocok untuk anak-anak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi