Mom, Coba 8 Tips Ini Agar BAB Bayi Lancar dan Teratur

DokterSehat.Com– Jika buang air besar (BAB) bayi Anda teratur, itu pertanda bahwa buah hati Anda dalam kondisi sehat. BAB adalah kegiatan tubuh yang penting dan memberi tahu Anda bagaimana sistem pencernaan bayi berfungsi. Tapi terkadang, mungkin bayi susah BAB selama berhari-hari. Tapi jangan khawatir, hal ini wajar bagi usus besar bayi yang baru lahir untuk meluangkan waktu menyesuaikan diri.

Sementara itu, Anda bisa mencoba cara agar kotoran bayi keluar secara eksternal atau cara perlakuan di luar tubuh bayi. Untuk membuat kotoran bayi keluar, jika sembelit, sebenarnya lebih mudah dilakukan daripada yang Anda pikirkan. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa bayi memang sedang sembelit.

Terkadang, bayi tidak banyak membuang waktu saat mereka mengalami pertumbuhan yang begitu cepat. Hal ini terjadi sekitar usia 2-4 bulan. Anda masih bisa mencoba membuat BAB bayi Anda teratur dengan menggunakan banyak trik yang berbeda.

Cara mengatasi bayi susah BAB dengan pengobatan rumahan membuat kotoran bayi lembut dan melancarkan BAB, tips ini berasal dari kebiasaan orangtua zaman dulu. Nenek Anda mungkin telah mencoba cara melancarkan BAB bayi saat tidak ada obat pencahar.

Semua cara mengatasi sembelit pada bayi ini membuat kotoran bayi Anda lebih lembut secara alami dan dengan demikian, Anda tidak perlu takut akan efek sampingnya.

Sebelum menjelaskan cara mengatasi sembelit pada bayi, mari kita simak apa saja penyebab sembelit pada bayi.

Penyebab Bayi Susah BAB

1. Makanan padat

Jangan kaget jika bayi menjadi sembelit ringan karena ia makan lebih banyak makanan padat. Itu sering karena sereal – makanan pertama yang umum – rendah serat. Sembelit juga bisa terjadi ketika Anda menyapih bayi dari ASI karena ini kadang-kadang menyebabkan dehidrasi.

Baca juga: 4 Hal Terkait Makanan yang Sebabkan Bayi Sembelit

2. Susu formula

Bayi yang menyusui secara eksklusif jarang mengalami konstipasi. ASI memiliki keseimbangan lemak dan protein yang sempurna, sehingga menghasilkan kotoran yang hampir selalu lembut – bahkan jika bayi Anda tidak memilikinya selama beberapa hari.

Jika bayi Anda minum susu formula, ada kemungkinan sesuatu dalam susu formula membuatnya sembelit. Ini tidak biasa untuk komponen protein dalam formula berbeda yang menyebabkan sembelit. Konsultasikan kepada dokter bayi tentang susu formula yang cocok untuk si kecil.

3. Dehidrasi

Jika bayi Anda mengalami dehidrasi, sistemnya akan merespons dengan menyerap lebih banyak cairan dari apa pun yang ia makan atau minum – dan juga dari kotoran di ususnya. Hasilnya adalah tinja yang keras dan kering yang sulit untuk dilewati.

Baca juga: Mengenal Gejala dan Penyebab Dehidrasi pada Bayi

4. Penyakit atau kondisi medis

Meskipun jarang terjadi, sembelit dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya seperti hipotiroidisme, botulisme, dan alergi makanan tertentu dan gangguan metabolisme. Jarang, sembelit disebabkan oleh penyakit Hirschsprung, suatu kondisi yang disebabkan oleh cacat lahir yang mencegah usus bayi berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB

Ada beberapa cara cerdik agar bayi Anda BAB secara teratur dan lancar jika ia mengalami sembelit, seperti dilansir Bold Sky, berikut ini:

1. Madu dan air hangat

Campurkan satu sendok teh madu murni dengan air hangat dan berikan pada bayi Anda dalam botol. Anda juga bisa memberi madu dengan mencampurnya pada makanan, terutama makanan yang manis. Kombinasi madu dan air hangat ini adalah pencahar alami untuk bayi.

2. Minyak samin

Bekukan minyak di lemari es, setelah membeku, buat bulatan kecil. dorong bulatan samin ini ke dalam rektum bayi Anda. Minyak samin yang mencair akan membantu kotoran keluar dengan lancar.

3. Gerakan kaki bayi seperti mengayuh sepeda

Buat bayi Anda berbaring di tempat tidur dan pegang pergelangan kakinya. Kemudian gerakan kaki bayi seperti menganyuh sepeda untuk merangsang usus besarnya. Ini membantu melepaskan gas yang terperangkap dan juga kotoran dengan cepat.

4. Pijat perut bayi

Ambil beberapa minyak kelapa hangat dan pijat perut bagian bawah bayi Anda. Ini membantu meredakan perut bayi dan mempermudah proses buang air kecil.

5. Mandi air hangat

Terkadang, mandi air hangat bisa menenangkan perut bayi. Rendam badan bayi dalam bak mandi hangat untuk membantu BAB dengan mudah.

6. Kursi bergetar

Ada banyak kereta bayi yang memiliki vibrator di dalamnya akhir-akhir ini. Coba letakkan bayi Anda di kursi dan mulai menyalakan vibrator. Gerak getar ini bisa membantu kotoran bayi Anda keluar dengan mudah.

Baca juga: Bayi ASI Eksklusif Jarang BAB, Normalkah?

7. Suhu dubur

Mengetahui suhu dubur bayi dengan termometer juga bisa menjadi stimulus yang dibutuhkan bayi untuk buang air besar secara lancar.

8. Gliserin

Buat bulatan kecil gliserin (cairan kental yang tidak berwarna dan terasa manis) yang dipadatkan, kemudian masukkan satu atau dua bulatan ini ke dalam dubur bayi Anda. Gliserin meleleh dengan cepat dan membuat kotoran bayi Anda keluar dengan lebih lancar.

Itu dia cara melancarkan BAB bayi yang bisa dilakukan di rumah. Selamat mencoba, mom!