DokterSehat.Com – Moisturizer adalah bagian dari skin care wajib yang tidak boleh dilewatkan. Kulit wajah dan tubuh kita membutuhkan moisturizer agar dapat tetap terhidrasi dengan baik. Apa sebenarnya yang membuat moisturizer begitu penting bagi kulit? Yuk, kenalan lebih jauh dengan moisturizer atau pelembab!

moisturizer-doktersehat

Apa Itu Moisturizer?

Pelembap atau moisturizer adalah produk perawatan kulit yang bertugas untuk menjaga kelembapan kulit. Moisturizer tidak hanya dibutuhkan oleh pemilik kulit kering, tapi juga untuk semua jenis kulit.

Banyak orang yang salah paham dan beranggapan bahwa pelembab dapat menyebabkan kulit berminyak menjadi semakin berminyak. Hal tersebut tentunya salah, pelembab tersedia dalam berbagai macam tipe dan bentuk dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Mengapa Moisturizer Penting?

Tugas moisturizer yang hanya melembapkan kulit kadang disepelekan. Pelembab dianggap kurang penting dibandingkan skin care lain yang memiliki lebih banyak kegunaan seperti mencegah penuaan atau mencerahkan wajah.

Penting diketahui bahwa penggunaan skin care lainnya mungkin akan percuma jika Anda tidak menggunakan pelembab. Dilansir dari Quora, berikut adalah beberapa efek yang akan terjadi jika kita tidak menggunakan pelembab:

  1. Kerutan lebih cepat muncul.
  2. Kerutan wajah yang muncul semakin terlihat.
  3. Kulit akan terlihat kusam dan dapat terkelupas, terutama ketika udara dingin.
  4. Jerawat di wajah dapat menjadi semakin parah.
  5. Kulit tidak terlindungi, kulit yang kering lebih rentan terhadap zat-zat alergen, sehingga lebih mudah terkena alergi dan gateal-gatal.
  6. Lebih sulit untuk mengaplikasikan make up.

Tipe Moisturizer

Moisturizer terbagi menjadi beberapa tipe yang berbeda. Berbeda tipe moisturizer, bahan utama yang digunakan pun akan berbeda. Selain itu, cara kerja dari setiap tipe moisturizer juga kemungkinan akan berbeda. Berikut addalah 3 tipe moisturizer yang wajib Anda ketahui!

1. Humektan

Pelembab dengan humektan bekerja dengan cara menarik air ke sel-sel kulit agar kulit tetep terhidrasi. Beberapa jenis humektan adalah seperti glycerin, AHA (Alpha Hydroxy Acid), hyaluronic acids, urea, dan sorbitol. Pelembab dengan humektan paling cocok digunakan untuk kulit kering dan tebal dan pada daerah yang sangat lembap.

Selain untuk kulit kering, moisturizer dengan humektan juga merupakan moisturizer untuk kulit berminyak, acne prone, dan kulit kombinasi. Moizturizer ini umumnya water-based sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

2. Emolien

Emolien atau emollient adalah zat yang bekerja mengisi bagian sel kulit yang kosong karena kehilangan lipid pelembabnya. Setelah ruang kosong tersebut diisi, kulit pun terhidrasi dengan baik dan menjadi lebih lembut. Terdapat moisturizer dengan emollient yang water-based, namun lebih banyak yang oil-based atau berbasis minyak.

Emollient adalah moisturizer yang paling cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit yang keringnya cukup serius dan sangat membutuhkan kelembapan. Bahan utama moisturizer dengan emollient adalah sepeti collagen, colloidal oatmeal, elastin, shea butter, stearic acid.

3. Occlusive

Tipe moisturizer yang ketiga adalah occlusive yang bekerja mengunci kelembapan kulit. Moizturizer occlusive bekerja dengan cara melapisi kulit untuk mencegah terjadinya penguapan. Bahan untuk moisturizer occlusive adalah seperti petrolatum, wax, lanolin, mineral oil, silicone.

Occlusive memiliki perlindungan yang tinggi sehingga ampuh untuk mengaatasi beberapa masalah kulit seperti alergi atau kulit kering hingga mengelupas, tapi moisturizer jenis ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari, terutama untuk wajah.

Setiap tipe moisturizer memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tidak jarang kita akan menemukan dua tipe moisturizer dalam satu produk. Hal ini terjadi karena memang untuk mendapatkan moisturizer yang bagus, dibutuhkan perpaduan bahan-bahan yang berasal dari tipe moisturizer yang berbeda.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Moisturizer

Moisturizer masuk ke dalam daftar skin care routine dan tentunya harus digunakan setiap hari, tapi kapan waktu yang paling tepat untuk menggunakannya? Terdapat beberapa waktu yang paling tepat atau dapat dikatakans sebagai waktu wajib untuk mengaplikasikan moisturizer.

Waktu pertama adalah setelah bercukur atau setelah exfoliating (menggunakan scrub atau peeling). Setelah bercukur dan eksfoliasi, rambut dan sel kulit mati yang terangkat dari kulit juga bisa membawa serta minyak alami kulit. Penggunaan moisturizer bertujuan untuk mecegah kulit menjadi kering akibat kehilangan sebum.

Waktu lain untuk menggunakan moziturizer yang bagus adalah sesaat setelah mencuci muka dan setelah mandi. Aktivitas ini lah yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Gunakan moisturizer ketika kulit masih dalam keadaan sedikit basah. Tujuannya adalah agar moisturizer dapat mengunci air yang masih tersisa di kulit sehingga kulit dapat terhidrasi dengan baik. Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Tips Memilih Moisturizer

Ada banyak sekali jenis moisturizer yang ada di pasaran, seperti moisturizer wardah, moisturizer emina, dan banyak moisturizer lainnya. Setiap produsen skin care akan menyediakan moisturizer karena moisturizer memang merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kulit. Sebelum memilih moisturizer yang bagus untuk kulit Anda, berikut adalah tips memilih moisturizer yang harus Anda perhatikan:

  • Pilihlah moisturizer dengan kandungan SPF yang dapat melindungi Anda dari sinar UV.
  • Moisturizer dengan kandungan antioksidan akan baik untuk menangka radikal bebas penyebab kerusakan sel.
  • Moisturizer yang bagus adalah yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Jika memiliki kulit berminyak, maka harus menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak. Kenali karakter kulit Anda untuk dapat menyesuaikan kebutuhannya.
  • Hindari pelembab yang mengandung pewangi, terutama jika memiliki kulit yang sensitif.
  • Kulit berminyak sebaiknya pilih moisturizer yang ringan, oil-free, non-comedogenic dan tidak menyumbat pori-pori.
  • Kulit kering, terutama pada eksim atopik, pilih moisturizer yang mengandung proteksi kelembapan tinggi dan mengandung zat ceramides.
  • Kulit sensitif sebaiknya pilih gentle moisturizer yang fragrance free agak tidak menimbulkan iritasi.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia