Terbit: 29 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Beberapa jenis makanan yang kita konsumsi ternyata memiliki mitos yang dipercaya bagi sebagian masyarakat. Sebagai contoh, pria yang baru menikah sebaiknya mengonsumsi banyak tauge agar memiliki kesuburan yang jauh lebih baik. Selain tauge, ada sayuran yang diyakini bisa memberikan rasa kantuk bagi mereka yang memakannya. Sayuran ini adalah kangkung. Benarkah kangkung bikin ngantuk?

Makan Kangkung Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Kangkung adalah jenis sayuran yang mudah ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Sayuran ini akan sangat enak jika diolah sebagai lauk, seperti tumis kangkung, pecel hingga plecing kangkung. Cita rasa yang begitu nikmat membuat sayuran ini diklaim sebagai salah satu sayuran paling favorit di tanah air.

Apakah Kangkung Menyebabkan Kantuk?

Sayur kangkung sampai saat ini masih dipercaya membuat Anda ngantuk setelah mengonsumsinya. Dampak makan kangkung bikin ngantuk masih dianggap mitos oleh sebagian masyarakat.

Sementara Beberapa pakar kesehatan masih menduga-duga jika ada kandungan di dalam kantuk yang bisa menyebabkan efek rileks pada tubuh yang disebut sebagai triptofan, sebuah protein yang bisa memproduksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin sendiri ternyata bisa membuat sistem saraf otak bekerja dengan lebih rileks. Hanya saja, dugaan tentang kandungan triptofan ini masih belum diteliti dengan benar secara ilmiah sehingga belum bisa membenarkan mitos.

Beberapa pakar kesehatan lain justru menduga bahwa mereka yang mengantuk saat siang hari justru terjadi karena faktor ilmiah karena rasa lelah atau jenuh, bukan karena mengonsumsi kangkung.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Banyak orang yang rajin sarapan dengan sayuran kangkung tapi mengaku tidak mendapatkan efek kantuk sama sekali, sehingga mitos makan kangkung bikin ngantuk dianggap hanya relatif bagi segelintir orang saja.

Penelitian tentang Kangkung 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ranu Anggara, berjudul: Pengaruh Ekstrak Kangkung Darat (Ipomea Reptans Poir.) Terhadap Efek Sedasi Pada Mencit Balb/c, kangkung darat mengandung berbagai senyawa aktif, seperti kalium dan natrium. Ini adalah persenyawaan garam bromida.

Kenapa kangkung menyebabkan kantuk?

Senyawa-senyawa dalam kangkung bikin ngantuk atau sebagai obat tidur berdasarkan sifatnya yang menekan susunan syaraf pusat. Diduga senyawa-senyawa inilah yang dapat menyebabkan efek sedasi (anestesi untuk menenangkan).

Penelitian tersebut masih sebatas pada mencit atau tikus. Dari uji statistik diperoleh, ekstrak kangkung darat memiliki aktivitas sedasi pada mencit, sehingga mencit dapat jatuh dari rotarod (alat untuk menentukan waktu ketahanan mencit terhadap perputaran roda) dengan cepat. Jatuhnya mencit akibat efek sedasi terjadi karena menurunnya aktivitas motorik akibat proses depresi pada sistem saraf pusat.

Sama halnya seperti dilansir laman CNN Indonesia, yang dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, menyebutkan bahwa kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung), dan makanan tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah. Efek itulah yang dirasakan sebagai kantuk bagi sebagian orang.

Nah, dari penjelasan di atas, Anda bisa menyimpulkan sendiri tentang kangkung bikin ngantuk, apakah mitos atau fakta?

Selain efek kangkung bikin ngantuk, manfaat kangkung ternyata baik untuk kesehatan, lho! Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Semua sayuran berdaun hijau gelap mengandung nutrisi dan sayur kangkung tidak terkecuali. Kankung sangatlah bergizi, karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Sayur kangkung adalah sumber serat makanan, protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C yang sangat baik dan terbukti dari berbagai manfaat kesehatan, seperti dilansir Stylecraze, berikut ini:

1. Mengurangi kolesterol 

Sayur kangkung bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus telah membuktikan bahwa mengonsumsi bayam air telah mengakibatkan penurunan kadar kolesterol serta Triglycoside. Dengan demikian, sayuran ini memiliki peran utama dalam pengurangan kadar kolesterol.

2. Mengobati penyakit kuning dan masalah hati

Manfaat sayur kangkung telah digunakan sebagai pengobatan penyakit kuning dan masalah hati di India. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi; sifat antioksidan dan mengurangi radikal bebas.

3. Mengobati anemia 

Daun kangkung muda mengandung banyak zat besi, yang sangat bermanfaat bagi penderita anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi dalam makanan mereka. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

4. Mengatasi gangguan pencernaan 

Kangkung kaya serat dan karenanya dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan secara alami. Khasiat pencahar ringannya bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan dan sembelit. Jus dari kangkung rebur dapat mengatasi sembelit. Sayuran ini juga digunakan untuk pengobatan infestasi cacing usus. Kangkung juga mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

5. Anti diabetes 

Para peneliti telah menunjukkan bahwa manfaat makan kangkung secara teratur dapat membantu mengembangkan resistensi terhadap diabetes yang diinduksi stres oksidatif. Kangkung juga digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Perlindungan untuk penyakit jantung 

Sayur kangkung memiliki nutrisi penting tertentu seperti vitamin A dan C serta beta-karoten konsentrasi tinggi. Nutrisi ini bermanfaat sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga mencegah bentuk kolesterol menjadi teroksidasi. Kolesterol teroksidasi menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung atau stroke.

Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung membantu mengubah zat kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homocysteine, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium adalah mineral yang menurunkan tekanan darah dan juga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Banyak kan manfaat makan kangkung untuk kesehatan? Tapi ingat, porsinya jangat terlalu banyak ya, Teman Sehat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi