4 Mitos Tentang Haid yang Seharusnya Tidak Anda Percaya

Doktersehat-emosi-saat-haid

DokterSehat.Com– Bicara tentang haid, tentu saja setiap wanita akan mengalaminya. Kemudian, saat haid datang pasti akan memberikan berbagai gejala yang kadang membuat tubuh menjadi sangat tak nyaman, seperti sakit pinggang, kram perut, lemas, mood memburuk, dan perut kembung.

Jangan khawatir, sebab kondisi itu adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh kebanyakan wanita. Secara bertahap, kondisi tak nyaman itu akan hilang dengan sendirinya mengikuti siklus haid.

Penting untuk diketahui bahwa haid adalah sebuah reaksi alamiah tubuh yang baik bagi wanita. Jadi, jangan pernah termakan mitos seputar haid yang menakut-nakuti. Sebab, sampai saat ini telah banyak bermunculan mitos yang sepatutnya tidak Anda percaya.

Lebih jelas, berikut adalah beberapa mitos haid:

1. Haid Bisa Kehabisan Darah

Mitos haid ini sering dilontarkan kepada wanita yang baru memasuki usia remaja. Dengan pengalaman yang kurang, mereka sering takut jika haid akan menguras darahnya. Padahal mitos ini tidaklah benar. Darah yang dibuang saat haid adalah darah kotor, justru malah menyehatkan bagi rahim.

2. Haid Pasti Selalu Menyakitkan

Jangan termakan mitos yang tidak bisa benar. Haid tidak selalu menyakitkan jika Anda bisa menjamunya dengan baik. Layaknya tamu, haid harus disapa dan diperlakukan dengan baik agar tidak memberi kesan buruk. Salah satu cara agar terhindar dari rasa sakit saat haid adalah jangan terlalu banyak tidur dan bergeraklah sewajarnya.

3. Tidak Boleh Minum Es

Banyak juga mitos haid yang mengatakan wanita dilarang mengonsumsi minuman atau makanan yang dingin, atau es. Mitos itu mengatakan nantinya darah bisa membeku dan keluarnya tidak lancar. Perlu diketahui, mitos itu tidak benar. Sebab, es dan haid berbeda sistem. Haid adalah sistem reproduksi, sedangkan es adalah sitem pencernaan, jadi sangat jauh dan tidak ada hubungannya.

4. Tidak Boleh Terlalu Lelah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat haid jangan terlalu banyak diam atau tidur. Hal itu akan membuat kram pada perut. Sebaiknya, lakukanlah aktivitas sehari-hari sebagaimana mestinya. Jadi, jangan pernah takut lelah karena tidak akan berdampak serius pada tubuh Anda.