Mitos dan Fakta Tentang Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

doktersehat-obat-a-z-1024

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang ingin mengendalikan kehamilan, pil KB merupakan salah satu pilihan kontrasepsi yang paling mudah. Namun banyak wanita enggan mengonsumsi pil KB karena banyaknya mitos efek negatif pil KB yang beredar. Benarkah mitos tersebut?

Mitos dan Fakta Mengenai Pil KB

1. Pil KB membuat tubuh wanita lebih gemuk

Mitos ini merupakan salah satu mitos yang beredar di masyarakat. Hal ini yang membuat banyak wanita enggan menggunakan pil KB. Padahal jika disiplin menggunakannya, pil KB merupakan alat kontrasepsi yang cukup ampuh untuk menjaga kehamilan.

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin buatan yang dapat menambah nafsu makan. Namun, hal ini hanya berdampak pada sedikit wanita. Dengan pengendalian makan yang baik, Anda bisa terhindar dari kegemukan setelah mengonsumsi pil KB.

2. Pil KB membuat siklus menstruasi tidak teratur

Faktanya, pil KB mengandung hormon estrogen yang dapat membantu siklus menstruasi jadi lebih teratur. Pada beberapa kasus, cara untuk mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur justru dengan menggunakan pil KB.

3. Minum pil KB terlalu lama justru membuat susah hamil

Sebagian besar wanita membuktikan bahwa selepas minum pil KB, peluang untuk hamil justru sangat besar. Bahkan jika Anda lupa mengonsumsi pil KB selama 3 hari berturut-turut lalu melakukan hubungan seksual, Anda berpeluang tinggi untuk hamil.

4. Minum pil KB harus di waktu yang sama setiap harinya

Salah satu aturan yang harus dijalankan saat minum pil KB antara lain disiplin mengonsumsi pil KB pada jam yang sama setiap harinya. Dengan minum pil KB pada jam yang sama, pil KB akan bekerja lebih optimal.

Nah, bagaimana Mom? Tidak khawatir lagi kan mengonsumsi pil KB? Jika Anda merasa pil KB tidak cocok dengan rutinitas atau kesibukan Anda, Anda bisa memilih alat kontrasepsi lain yang lebih sesuai.