Larangan Saat Haid – Mitos dan Fakta

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

DokterSehat.Com– Ada berbagai larangan saat haid yang beredar di masyarakat khususnya kaum hawa yang menjalani periode menstruasi setiap bulannya. Menstruasi adalah suatu siklus periodik bulanan yang akan dialami oleh setiap wanita yang telah memasuki masa pubertas.

Larangan saat menstruasi meliputi tidak boleh keramas saat haid, menghindari berolahraga dan memilih beristirahat, dan lain sebagainya.

Namun, apakah informasi terkait hal yang tidak boleh dilakukan saat haid seperti contoh di atas benar adanya? Atau hanya sekadar mitos turun temurun?

Tentunya kita pernah mendengar pendapat atau pandangan dari beberapa teman kita bahkan mungkin kita sendiri yang memberikan pendapat tersebut seputar hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi, atau biasanya disebut dengan mitos apabila pendapat yang berkaitan dengan menstruasi tidak didasari atas fakta medis atau klinisnya.

Di sini kita membahas ringan mengenai beberapa pendapat atau pandangan yang sering ditemukan dalam pembicaraan para remaja putri mengenai menstruasi dan akan kita lihat penilaian berdasarkan fakta medis yang ada.

Berikut ini adalah fakta dan mitos larangan saat haid yang perlu kamu ketahui.

Larangan Saat Haid – Mitos atau Fakta?

1. Tidak boleh minum air dingin

Banyak yang percaya kalau mengonsumsi minuman dingin dapat memperlambat menstruasi. Faktanya, mitos ini tidaklah benar karena minuman dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi.

Hal itu disebabkan karena siklus menstruasi diatur oleh hormon estrogen dan progesterone. Terlambatnya menstruasi terjadi saat hormon seorang wanita tidak seimbang yang dapat dipengaruhi dari beberapa faktor fisik, seperti kelelahan, stress dan juga penyakit. Jadi dapat disimpulkan larangan saat haid ini hanya mitos.

Tujuan keramas untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala Anda. Terbayang bagaimana lepeknya rambut Anda selama menstruasi karena tidak boleh mencuci rambut?

Sedangkan saat menstruasi, Anda harus lebih ekstra menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk rambut dimana keramas saat menstruasi justru menjadikan rasa percaya diri lebih matang karena tubuh bersih dan wangi. Hal yang tidak boleh dilakukan saat haid berikut tidaklah tepat.

3. Larangan saat haid – Minuman bersoda

Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar. Walaupun dapat menimbulkan rasa segar, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang otomatis dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

4. Berhubungan intim saat menstruasi tidak hamil

Memang, kemungkinannya kecil untuk hamil saat berhubungan intim kala menstruasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa hamil. Karena walaupun sedang menstruasi sperma tetap dapat masuk ke dalam Miss V dan sperma tersebut dapat bertahan selama tujuh hari.

5. Pembalut dapat menyebabkan kemandulan jika digunakan saat menstruasi

Saat menstruasi, kelembaban didaerah intim akan meningkat karena cairan (darah dan lendir keputihan) yang keluar melalui lubang vagina dan hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi kuman (jamur, bakteri, virus).

Larangan saat haid untuk tidak menggunakan pembalut tidak tepat. Solusinya, diperlukan penggunaan pembalut yang dapat menampung darah-lendir yang keluar sehingga tidak bersentuhan langsung dengan kulit di daerah intim.Penggunaan pembalut yang sehat adalah pilih pembalut yang dirasakan nyaman saat memakainya, tidak terjadi iritasi saat menggunakannya dan ganti pembalut disaat Anda merasa sudah lembab.

Terutama dihari 1-2 menstruasi atau saat banyak-banyaknya dan sedang beraktifitas, dianjurkan untuk menganti pembalut setiap 2-4 jam sekali agar daerah intim terhindar dari kelembaban yang berlebihan. Jangan lupa senantiasa memperhatikan air bersih yang digunakan saat membilas setelah buang air dan penggunaan celana dalam.

6. Jika saat menstruasi selalu merasakan nyeri perut, itu menandakan ada penyakit kista

Nyeri perut bawah yang dirasakan saat menstruas adalahi normal terjadi pada setiap cewe dengan perbedaan rasa nyeri (ringan sampai berat) tergantung dari kesehatan fisik dan psikis saat itu (keletihan, emosi tidak stabil, daya tahan tubuh). Biasanya rasa nyeri terjadi tidak lebih dari 3 hari dan sifat nyeri akan berkurang seiring dengan berkurangnya darah menstruasi yang keluar.

Saat ini, gejala dari penyakit kista tidak jelas, sebagai antisipasinya, jika nyeri menstruasi terasa hebat bahkan tidak tertahankan (pingsan), nyeri dirasakan lebih dari 3 hari bahkan jumlah darah menstruasi terasa banyak terus tiap harinya, terjadi terus menerus setiap siklus menstruasi (3-6 bulan berturut-turut), segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebabnya, namun belum tentu itu adalah kista.

7. Berenang adalah hal yang tidak boleh dilakukan saat haid

Larangan saat menstruasi yang satu ini tidak benar karena tidak ada larangan medis dan hubungannya dengan kemandulan untuk berenang disaat menstruasi jika para cewe saat menstruasi benar-benar memastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang digunakan.

Namun sebaiknya dilihat kembali yang menjadi prioritas kamu saat itu, aktifitas berenang atau kenyamanan menstruasi. Jika kamu sudah yakin akan pembalut dan pakaian renang yang digunakan, tidak ada salahnya untuk berenang.

Itulah 7 mitos dan fakta larangan saat haid. Ada hal yang tidak boleh dilakukan saat haid dan ada pula larangan menstruasi yang hanya mitos semata. Ingat untuk selalu merawat tubuh agar tetap bersih seperti keramas saat menstruasi.