6 Hal tentang Cara Memutihkan Kulit Ini Ternyata Mitos, Masih Percaya?

cara-memutihkan-kulit-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyaknya informasi tentang kecantikan yang beredar di masyarakat sering kali menimbulakan kekeliruan. Pada akhirnya kekeliruan tersebut menjadi sebuah mitos kecantikan yang terlanjur dipercaya oleh banyak orang. Hal ini hampir terjadi di seluruh aspek di dunia kecantikan, termasuk juga adanya mitos tentang cara memutihkan wajah.

Memutihkan wajah tentunya sudah menjadi hal yang sangat lumrah dalam dunia kecantikan. Namun jika Anda masih percaya dengan berbagai mitos cara memutihkan wajah, bagaimana Anda bisa mendapatkan wajah yang cerah seperti yang Anda inginkan. Berikut adalah 7 mitos kecantikan tentang cara memutihkan wajah yang tidak boleh Anda percayai lagi!

1. Produk yang Ampuh Bisa Digunakan oleh Semua Orang

Mitos tentang cara memutihkan wajah yang pertama adalah bahwa produk yang ampuh bagi satu orang, maka akan ampuh memutihkan kulit semua orang. Pastinya Anda sering kali tergiur dengan produk atau cara memutihkan kulit yang digunakan oleh orang-orang sekitar Anda dan dapat dikatakan berhasil.

Faktanya produk dan cara memutihkan wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk pemutih wajah untuk kulit kering tentunya akan berbeda dengan produk pemutih wajah untuk kulit berminyak. Jadi jangan memilih produk pemutih kulit hanya karena sudah banyak yang berhasil menggunakan produk tersebut.

2. Tipe Kulit Selalu Sama

Mitos kecantikan selanjutnya adalah bahwa tipe kulit kita tidak pernah berubah. Perubahan lingkungan, iklim dan cuaca, juga hormon merupakan faktor-faktor yang mungkin merubah karakteristik kulit kita.

Tentu hal ini merupakan hal yang cukup penting, karena sebelumnya sudah disebutkan bahwa kita harus memilih produk sesuai dengan karakter kulit kita. Jika kita tidak menyadari adanya perubahan karakter kulit kita, tentunya akan sulit untuk memilih produk yang tepat.

3. Penggunaan Pemutih Wajah Berhenti Ketika Kulit Sudah Putih

Banyak orang yang merasa ketergantungan pada produk kecantikan, termasuk pada produk pemutih kulit. Faktanya cara memutihkan wajah dan segala macam tips kecantikan lainnya memang sudah seharusnya dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

Jika kulit kita tidak dirawat, tentunya kulit bisa kembali ke pada kondisi tidak baiknya lagi. Sangat wajar jika dalam kurun waktu tertentu, kulit Anda akan menurun kecerahannya jika Anda berhenti menggunakan produk pemutih kulit. Hal yang lebih penting adalah produk tersebut tidak memberikan efek seperti iritasi ataupun menyebabkan breakout setelah berhenti digunakan.

baca juga : 5 Cara Memutihkan Badan yang Cepat dan Aman

4. Dark Spot Tidak Hilang Tanpa Memutihkan Seluruh Kulit

Mitos kecantikan tentang cara memutihkan kulit selanjutnya adalah bahwa dark spot tidak bisa hilang tanpa menerahkan kulit-kulit di sekitarnya. Ada sebagian orang yang ingin menghilangkan dark spot tanpa harus memutihkan seluruh bagian kulit, hal ini tentu saja bisa dilakukan.

Anda hanya perlu menggunakan produk khusus penghilang dark spot yang hanya Anda aplikasikan di bagian yang terkena hiperpigmentasi. Hal ini bisa dilakukan jika Anda tidak ingin merusak kerja melanin pada bagian kulit Anda yang sebeneranya tidak mengalami hiperpigmentasi.

5. Produk Pemutih dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

Mitos kecantikan yang kelima adalah bahwa produk pemutih dapat menghilangkan jerawat. Jerawat umumnya akan meningggalkan jejak berupa noda hitam dan jaringan parut. Masalah hiperpigmentasi mugkin bisa dikurangi oleh produk pecerah, namun tidak dengan bekas jerawat berupa jaringan parut.

Jangan percaya pada produk pemutih wajah dengan klaim mampu mengatasi masalah bekas jerawat sepenuhnya. Anda memerlukan obat lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

6. Krim Pemutih Melindungi dari Sinar Matahari

Banyak orang yang percaya mitos bahwa produk pemutih kulit dapat melindungi Anda dari paparan sinar UV. Faktanya justru terdapat beberapa kandungan yang umum ada dalam produk pemutih wajah yang justru tidak bisa bekerja maksimal ketika terkenal sinar matahari.

Meskipun sudah menggunakan produk pemutih wajah, jangan lupa untuk tetap gunakan tabis surya setiap hari, terutama jika ingin keluar rumah.

Itu dia 6 mitos kecantikan tentang cara memutihkan kulit yang banyak dipercaya di masyarakat. Selain harus berhenti percaya pada mitos di atas, Anda juga harus memperhatikan dengan teliti setiap produk pemutih kulit yang ingin Anda gunakan. Jika perlu konsultasikan pada dokter ahli kecantikan jika Anda memang benar-benar ingin memiliki kulit yang lebih putih.