Mirip Cacar Air, Kenali Gejala dan Penyebab dari Impetigo

doktersehat-anak-kecil-tangan

DokterSehat.Com– Bunda, pernahkah mendapati kulit anak melepuh dan memerah? Gejala tersebut ternyata tidak selalu tanda cacar air, namun bisa juga menjadi tanda impetigo. Apa sebenarnya impetigo itu? Berbahayakah bagi anak-anak?

Mengenal impeigo pada anak-anak

Impetigo adalah infeksi bakteri kulit yang menyebabkan luka memmerah dan mengeluarkan cairan pada kulit. Impetigo ini bisa terjadi di bagian mana pun di seluruh tubuh. Penyakit ini dapat dialami oleh dewasa maupun anak-anak.

Penyebab impetigo

Impetigo disebabkan oleh salah satu jenis bakteri, yaitu streptokokus atau staphylococcus. Umumnya bakteri ini masuk ke dalam tubuh ketika kulit mengalami iritasi atau luka karena masalah kulit lainnya seperti eksim, gigitan serangga, atau luka bakar.

Pada bayi, impetigo dapat menular melalui kontak fisik langsung dengan bayi yang mengidap impetigo melalui perantara seperti baju, handuk, alat makan dan peralatan yang dipakai bersama. Bakteri juga dapat lebih mudah menginfeksi bayi jika ia memiliki luka baik itu luka gores maupun luka akibat gigitan serangga. Selain itu impetigo juga lebih sering terjadi ketika cuaca hangat dan lembap.

Gejala impetigo pada bayi

Beberapa gejala impetigo yang perlu Anda waspadai antara lain jika si kecil tampak memiliki bintik-bintik merah kecil yang kemudian lecet dan akhirnya luka pecah. Setelah itu dari luka tersebut muncul cairan berwarna kuning dan berkerak. Kemudian, luka tersebut membesar dan semakin banyak.

Bagaimana mengobati impetigo?

Pada beberapa kasus ringan, impetigo dapat sembuh dengan sendirinya dalma jangka waktu dua-tiga minggu tanpa obat khusus. Namun proses penyembuhan akna lebih cepat jika dibeirkan antibiotik pada anak. Selain itu pemberian antibiotik juga dapat mengurangi risiko penularan pada bayi dan anak-anak lain di sekitarnya.

Untuk kasus impetigo ringan, dokter akan meresepkan salep atau krim antibiotik oles. Jika kasus impetigo cenderung berat, maka dokter akan meresepkan obat minum antibiotik. Sedangkan untuk perawatan luka akibat impetigo, bersihkan luka dengan lembut menggunakan sabun dan air. Jika terbentuk kerak, maka basuh kerak tersebut dengan air hangat lalu keringkan dengan baik.