6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat dan Cara Pakainya

minyak-zaitun-untuk-wajah-berjerawat-doktersehat

DokterSehat.Com – Tahukah Anda bahwa banyak orang telah menggunakan minyak zaitun untuk jerawat? Manfaat minyak zaitun untuk jerawat memang sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa melihat sendiri berbagai produk antijerawat mengandung minyak zaitun.

Hal itu membuktikan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk atasi jerawat. Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai minyak ajaib ini untuk wajah berjerawat! Temukan juga cara memakai minyak zaitun untuk wajah berjerawat.

Apa itu jerawat?

Sebelum Anda mengetahui cara kerja minyak zaitun untuk atasi jerawat, sebaiknya Anda mengenal dulu apa itu jerawat. Jerawat adalah peradangan pada folikel rambut, kelenjar minyak dan kulit di sekitarnya.

Peradangan kronis tersebut menyebabkan bintik-bintik atau benjolan kecil kemerahan yang disertai dengan rasa nyeri. Jerawat bisa terjadi di beberapa area tubuh seperti wajah, leher, bahu, dada, dan punggung.

Namun, bagian tubuh yang paling sering terdapat jerawat adalah di wajah. Ini dikarenakan wajah mempunyai jumlah kelenjar minyak yang lebih banyak dibandingkan dengan kulit pada daerah tubuh lainnya.

Jerawat terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Produksi minyak yang berlebihan dan tidak dapat keluar karena adanya sumbatan pada pori2 menyebabkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak dalam jumlah yang patogen sehingga munculah jerawat.

Penyumbatan tersebut membuat bakteri masuk dan menginfeksi kulit sehingga munculah jerawat. Sumbatan tersebut bisa karena kotoran, debu, atau penumpukan sel-sel kulit yang telah mati.

Mengapa minyak zaitun bisa untuk jerawat?

Mungkin di dalam benak Anda masih terselip rasa heran bagaimana cara minyak zaitun mengatasi jerawat. Minyak zaitun tidaklah sama dengan minyak alami (sebum) yang dihasilkan berlebih pada wajah.

Minyak zaitun mengandung beberapa jenis vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut adalah kandungan yang kaya manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, di dalam minyak zaitun terdapat zat yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Dengan demikian penggunaan minyak zaitun asli bisa untuk mengatasi jerawat. Namun, janganlah menggunakan minyak zaitun yang masih diragukan keasliannya. Hal ini dikarenakan minyak zaitun palsu malah bisa memperparah kondisi jerawat.

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat

Kandungan minyak zaitun yang kaya akan vitamin dan antioksidan dapat mengatasi masalah wajah berjerawat. Sebenarnya, ada beberapa manfaat minyak zaitun untuk jerawat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk jerawat:

1. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Minyak zaitun mengandung zat yang bersifat antibakteri. Zat tersebut akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini membuat akar permasalahan jerawat bisa dihentikan sehingga jerawat tidak berkembang lebih luas lagi.

2. Meredakan nyeri akibat peradangan oleh jerawat

Tidak hanya mengandung zat antibakteri, minyak zaitun juga memiliki kandungan antiinflamasi. Ini membuat rasa nyeri akibat peradangan pada wajah berjerawat bisa diredakan.

Minyak zaitun juga mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang berkhasiat untuk melembapkan kulit. Kelembapan kulit yang terjaga akan membantu mengurangi nyeri akibat jerawat yang meradang.

3. Mengecilkan ukuran jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat juga dapat membuat ukuran jerawat semakin mengecil. Jerawat di wajah akan secara berangsur kempes jika menggunakan minyak zaitun asli secara rutin.

4. Membersihkan sumbatan

Anda telah melihat bahwa banyak produk pembersih wajah memiliki kandungan minyak zaitun. Janganlah Anda berpikir bahwa minyak zaitun akan semakin membuat wajah Anda berminyak. Tidak, bukan begitu.

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat justru akan membersihkan sumbatan pori-pori kulit wajah. Sifat minyak zaitun dapat melarutkan segala kotoran atau debu yang menutupi pori-pori wajah. Tak jarang, minyak zaitun juga bisa membersihkan sisa make up.

5. Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat merusak penampilan wajah sehingga menjadi kurang indah. Orang-orang yang memiliki bekas wajah berjerawat menjadi kurang percaya diri terhadap penampilannya. Oleh karena itu, pilihlah minyak zaitun untuk jerawat.

Minyak zaitun memang tidak salah dipilih untuk atasi masalah jerawat. Pasalnya, penggunaan produk kecantikan antijerawat berbasis minyak zaitun juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Namun, Anda perlu tahu bahwa bekas jewarat berupa scar atau bopeng, tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak zaitun. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter kulit untuk menghilangkan bekas jerawat seperti itu.

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun dapat memudarkan kehitaman bekas jerawat. Warna kulit wajah secara berangsur bisa kembali rata setelah menggunakan minyak zaitun asli secara teratur.

6. Mencegah jerawat datang lagi

Penggunaan minyak zaitun sangat cocok dilakukan bagi orang-orang yang tidak ingin mengalami jerawat lagi. Kandungan vitamin, antioksidan, dan asam lemak yang baik di dalam minyak zaitun akan menutrisi kulit wajah.

Hal ini pun membuat kulit wajah selalu bersih, sehat, dan indah. Sumbatan pada pori-pori tidak akan terjadi karena olesan minyak zaitun akan melarutkan kotoran di wajah. Ini membuat jerawat bisa dicegah untuk datang kembali.

Cara memakai minyak zaitun untuk wajah berjerawat

Semua manfaat minyak zaitun untuk jerawat yang telah disebutkan bisa dirasakan bila Anda memakai minyak zaitun dengan benar. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk wajah berjerawat secara tepat.

Penggunaan minyak zaitun untuk atasi jerawat biasanya dalam bentuk pembersih wajah. Berikut ini adalah petunjuk bagaimana cara menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah:

  1. Siapkan minyak zaitun asli (pastikan minyak zaitun tersebut tidak mengandung campuran bahan kimia)
  2. Siapkan campuran minyak lain seperti minyak jojoba, minyak almond, dan lainnya agar memperkaya kandungan dan manfaat untuk jerawat
  3. Pastikan kedua telapak tangan bersih dengan mencuci tangan yang benar
  4. Tuang minyak zaitun dan campuran minyak lainnya (jika ada) ke telapak tangan
  5. Oleskan minyak zaitun ke seluruh wajah terutama area yang terdapat jerawat
  6. Pijatlah seluruh area wajah dengan lembut tetapi jangan sampai membuat jerawat pecah
  7. Lakukan pemijatan selama beberapa menit
  8. Diamkan sebentar hingga kandungan vitamin dan antioksidan pada minyak zaitun meresep ke dalam wajah
  9. Siapkan kain bersih yang lembut dan air hangat
  10. Celupkan kain lap tersebut hingga terasa agak hangat
  11. Usaplah wajah dengan kain tersebut secara perlahan
  12. Lakukan langkah tersebut sampai permukaan wajah bersih dari minyak zaitun
  13. Apabila Anda merasa kurang bersih, maka Anda bisa membersihkan wajah dan sisa minyak zaitun dengan menggunakan air biasa
  14. Rutinkan cara ini agar jerawat hilang begitu pula dengan bekasnya

Anda bisa melakukan cara di atas sebanyak satu atau dua minggu sekali lalu amati hasilnya. Jangan mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah lebih dari sekali dalam sehari. Ini dikarenakan minyak zaitun malah bisa membuat kulit teriritasi ringan.

Apabila Anda mengalami reaksi alergi seperti kemerahan, rasa terbakar, gatal, lepuh dan rasa tidak nyaman saat penggunaan, maka hentikan pemakaian.  Segera cuci wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Setelah itu, konsultasilah dengan dokter spesialis kulit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Informasi ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia