Minyak Wintergreen, Ampuh Merawat Kulit dan Rambut

minyak-wintergreen-untuk-kulit-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu jenis minyak esensial adalah minyak yang diekstraksi dari tanaman herbal. Anda yang berniat merawat kulit dan ingin menggunakan minyak esensial dapat menjatuhkan pilihan pada minyak Wintergreen. Wintergreen merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak ditemukan di Amerika bagian utara. Tidak hanya dikonsumsi sebagai teh yang menyehatkan, Wintergreen juga diekstraksi menjadi minyak yang dapat diaplikasikan langsung pada kulit.

1. Mencegah Infeksi

Bakteri dan jamur yang terperangkap di pori-pori kulit atau pun yang menempel pada kulit berminyak kerap berkembang biak dan menimbulkan infeksi kulit. Tentu saja kondisi yang demikian bukanlah hal yang baik. Apalagi sejumlah infeksi pada kulit kerap merusak struktur dan lapisan kulit. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya infeksi tersebut adalah dengan minyak Wintergreen yang mengandung zat anti-bakteri, anti jamur dan anti mikroba.

2. Meredakan Jerawat

Dilansir dari laman Mercola, keunggulan lainnya dari minyak Wintergreen adalah mampu meredakan jerawat yang muncul di wajah. Hal ini ternyata masih berkaitan dengan kandungan zat anti-bakteri pada minyak Wintergreen yang menjadikan kulit tetap bersih dan steril dari serangan bakteri P. Acnes. Bakteri P. Acnes sendiri merupakan bakteri penyebab jerawat.

3. Mengatasi Ketombe

Tidak hanya ampuh merawat kulit tubuh dan wajah, minyak Wintergreen juga digunakan dalam merawat kesehatan kulit kepala dan rambut. Apalagi minyak Wintergreen mampu mengatasi masalah rambut berketombe dengan efektif. Kandungan anti bakteri dan anti jamur pada minyak ini menjadikan kulit kepala dan rambut menjadi lebih bersih. Selain itu, minyak Wintergreen juga menjadikan kulit kepala dan rambut terasa lebih lembap dan lembut.

Tak hanya digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit serta rambut, minyak Wintergreen juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi sejumlah masalah kulit. Anda dapat mengaplikasikan secara langsung pada kulit. Bisa juga mengombinasikannya dengan bahan-bahan alami lainnya.