Ampuhkah Merawat Kulit dengan Minyak Palmarosa?

minyak-palmarosa-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit, tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak esensial. Minyak Esensial merupakan salah satu bahan alami yang mengandung beragam vitamin dan zat aktif yang ampuh menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Salah satu minyak yang paling banyak dikenal adalah minyak Palmarosa. Minyak satu ini terbuat dari ekstraksi tanaman sejenis rumput dari India yang mengeluarkan aroma seperti bunga mawar. Tidak heran jika nama dari minyak satu ini adalah Palmarosa.

1. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Dilansir dari laman Mercola, salah satu khasiat yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan minyak Palmarosa pada kulit adalah mendapatkan kulit yang lembap dan terhidrasi. Hal ini lantaran minyak Palmarosa dikenal sebagai salah satu minyak yang mengandung volatile oil yang ampuh mengunci kelembapan pada sel-sel kulit. Tidak hanya itu saja, minyak Palmarosa juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang berhubungan dengan kulit kering. Misalnya saja eksim atau pun psoriasis.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Selain dapat digunakan sebagai bahan yang melembapkan sel kulit, minyak Palmarosa ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat anti bakteri yang ampuh membasmi serta mencegah proses infeksi bakteri P. Acnes. Apalagi bakteri P. Acnes dikenal sebagai bakteri penyebab jerawat meradang.

3. Mencegah Infeksi pada Kulit

Tidak hanya ampuh mencegah bakteri saja, minyak Palmarosa juga digunakan untuk menjaga kulit dari infeksi jamur atau pun virus. Usut punya usut, hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan zat anti mikroba yang menjaga kulit tetap steril. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, rentan berjerawat serta sensitif. Apalagi ketiga jenis kulit tersebut memiliki risiko lebih tinggi mengalami infeksi bakteri.

Kendati minyak Palmarosa sangat terkenal, rupanya tidak semua penjual menyediakan minyak Palmarosa murni. Apalagi kebanyakan penjual asal Turki kerap mencampurkan minyak Palmarosa dengan minyak mawar yang menjadikan harganya lebih terjangkau. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam membeli minyak satu ini.