Minyak Marjoram dan Khasiatnya untuk Kulit

manfaat-marjoram-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Linda Hartley

DokterSehat.Com– Marjoram merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki aroma khas. Tidak heran jika tanaman satu ini kerap diolah menjadi minyak aromaterapi. Kendati demikian, Marjoram ternyata merupakan tanaman yang juga digunakan sebagai bumbu dapur serta bahan baku obat-obatan tradisional. Hal ini lantaran kandungan zat-zat aktif yang cukup beragam di dalamnya.

Bicara soal Marjoram, tanaman satu ini ternyata juga dikenal dengan nama oregano. Nah, kendati demikian ternyata minyak Marjoram memiliki fungsi yang cukup menjanjikan, terutama untuk Kulit seperti:

1. Mencegah Keriput

Dilansir dari laman Organik 4 Green Livings, minyak Marjoram ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika minyak esensial satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi serta mencegah masalah kulit berkeriput. Apalagi kulit berkeriput merupakan salah satu akibat dari porses penuaan sel-sel kulit. Kandungan antioksidan pada minyak Marjoram akan melindungi kulit dari proses oxidative stress serta menjaga produksi kolagen sehingga kulit akan terasa tetap kencang.

2. Meredakan Peradangan

Kandungan antioksidan pada minyak Marjoram ternyata juga memberikan manfaat lainnya. Siapa yang menyangka jika kandungan antioksidan akan berperan sebagai zat anti peradangan sehingga dapat membantu dalam meredakan ruam atau peradangan yang terjadi di kulit Anda. Hal ini tentu sangat membantu dalam mengatasi masalah peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi atau pun masalah jerawat.

3. Mengatasi Jerawat

Tidak hanya dilengkapi dengan kandungan antioksidan, ternyata minyak Marjoram juga mengandung zat anti-bakteri. Zat anti-bakteri tentu saja akan membasmi bakteri penyebab infeksi pada kulit, terutama bakteri P. Acnes yang menyebabkan munculnya jerawat. Anda dapat mengoleskan minyak Marjoram pada jerawat yang meradang untuk mempercepat proses penyembuhan kulit.

Minyak Marjoram atau yang lebih dikenal dengan oregano ini ternyata juga memiliki kandungan bahan aktif yang ampuh dalam merawat kesehatan kulit. Tidak hanya itu saja, penggunaan minyak Marjoram juga menjadi salah satu referensi bahan alami yang dapat melawan penuaan. Tidak heran jika minyak satu ini sangat digandrungi oleh masyarakat Mesir dan Eropa.