Terbit: 17 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki tipe kulit berminyak memang harus ekstra berhati-hati, terutama dalam memilih formula bahan produk perawatan kulit. Pasalnya, tidak semua formula bahan cocok dan mampu menyerap kelebihan minyak yang ada. Jika sudah demikian, kulit justru akan mengeluarkan komedo atau pun jerawat yang cukup mengganggu. Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi masalah yang kerap dihadapi oleh tipe kulit berminyak adalah dengan menggunakan minyak lemon myrtle. Minyak yang aromanya sekilas mirip dengan lemon ini mengandung beragam bahan aktif yang menguntungkan kulit, seperti:

Lemon Myrtle, Minyak Esensial untuk Kulit Berminyak

1. Membersihkan Kulit secara Optimal

Dilansir dari laman milik ANnmarie Gianni, minyak lemon myrtle mengandung zat pembersih yang dapat membersihkan kulit secara optimal. Kendati demikian, Anda disarankan untuk mencampurkan minyak lemon myrtle dengan sejumlah minyak lainnya agar kulit tidak mengalami iritasi. Apalagi, formula minyak lemon myrtle terbilang lebih keras daripada minyak-minyak esensial pada umumnya.

2. Mencegah Penyumbatan Pori-Pori

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh kulit berminyak adalah tersumbatnya pori-pori oleh sejumlah kotoran dan bahan asing. Hal ini pula yang memicu munculnya komedo atau pun jerawat. Namun, mengaplikasikan pembersih favorit yang telah dikombinasikan dengan minyak lemon myrtle dapat menjadi solusinya. Kandungan bahan aktif pada minyak lemon myrtle akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus mengecilkan pori-pori kulit.

3. Menyerap Minyak Berlebih

Hal lain yang biasa dialami oleh pemilik kulit berminyak adalah kelebihan sebum. Kondisi yang demikian kerap kali membuat wajah tampak mengkilap dan membuat riasan cepat luntur. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengganti produk perawatan kulit sebelumnya dengan formula bahan yang lebih ampuh menyerap minyak. Salah satunya adalah yang mengandung ekstrak lemon myrtle.

Masalah kulit berminyak memang tidak jauh dengan komedo atau pun jerawat. Maka dari itu, pemilik kulit tipe berminyak sangat disarankan untuk mencari produk perawatan kulit dengan bahan anti jerawat atau pun yang dapat menyerap kelebihan minyak. Salah satunya adalah yang mengandung ekstrak minyak lemon myrtle.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi