Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bunga kenanga atau yang juga dikenal dengan nama ylang-ylang merupakan salah satu bunga dengan aroma khas. Namun, siapa yang menyangka jika bunga ini juga dapat diolah menjadi minyak esensial yang memiliki beragam khasiat untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, bangsa India sudah sejak lama menggunakan minyak kenanga dalam pengobatan Ayurvedha-nya. Selain itu, minyak kenanga juga digunakan untuk merawat kulit tetap sehat seperti berikut.

Minyak Kenanga, Tidak Hanya Harum Tetapi Juga Baik untuk Kulit

Photo Credit: Flickr.com/ TreeWorld Wholesale

1. Mengatasi Eksim

Dilansir dari laman Organic Facts, minyak kenanga merupakan bahan yang ampuh untuk mengatasi eksim atau eczema. Hal ini lantaran minyak kenanga dilengkapi dengan bahan anti peradangan yang menjadikan eksim tidak bertambah parah. Selain itu, kandungan moisturizer pada minyak kenanga juga mengatasi kulit kering yang disebabkan oleh eksim. Tidak heran jika hal tersebut juga mengurangi rasa gatal yang kerap menyertai.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kulit yang mengalami luka terbuka ternyata dapat disembuhkan dengan mengoleskan minyak kenanga. Tidak hanya mmepercepat proses penyembuhan kulit, minyak kenanga juga dapat melindungi luka dari serangan infeksi bakteri. Hal ini lantaran minyak kenanga mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang menjaga kulit dan luka tetap steril.

wajah-keriput-doktersehat

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Mengurangi Minyak Berlebih

Masalah produksi minyak berlebih kerap kali menjadi penyebab jerawat mau pun komedo. Salah satu bahan alami yang dapat menyerap dan mengontrol minyak berlebih adalah minyak kenanga. Anda dapat mengoleskan minyak kenanga secara langsung atau menggunakan skincare dengan ekstrak minyak kenanga tidak di dalamnya.

4. Meredakan Iritasi Kulit

Dilansir dari laman The Miracle of Essential Oils, minyak kenanga ternyata juga dapat meredakan iritasi pada kulit. Seperti yang telah diketahui, minyak kenanga dilengkapi dengan kandungan bahan antiseptik dan anti peradangan yang dapat meredakan ruam akibat iritasi. Tidak hanya itu saja, minyak kenanga juga mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

Minyak kenanga merupakan minyak esensial yang kerap ditambahkan pada skincare tertentu. Tidak heran jika minyak kenanga tidak sepopuler minyak esensial seperti tea tree oil. Kendati demikian, minyak satu ini juga ampuh merawat kesehatan dan kecantikan kulit Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi