Minyak Kelapa Merangsang Pertumbuhan Rambut, Mitos atau Fakta?

doktersehat-minyak-kelapa-sehat-perut-langsing-diet

DokterSehat.Com– Dalam dunia kecantikan, minyak kelapa sudah bukan sesuatu yang asing. Minyak ini digunakan untuk makeup, perawatan kulit serta untuk perawatan rambut juga. Kulit kering? Menggunakan minyak ini sebelum tidur dipercaya dapat membuat kulit jadi bercahaya. Tapi tahukah Anda kegunaan yang paling sering dibicarakan? Ya, minyak kelapa dikatakan bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Mitos atau fakta?

Menurut Shari Marchbein, MD, dilansir dari Byrdie.com, minyak kelapa memang membawa keuntungan untuk kesehatan rambut. Namun ini tidak membuktikan bahwa minyak kelapa bisa dan berpengaruh langsung untuk pertumbuhan rambut. “Tidak ada studi yang terpercaya yang bisa menjawab pertanyaan apakah penggunaan minyak kelapa berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut yang lebih cepat,” ujarnya. Hanya saja, minyak ini bisa memperkuat dan menutrisi kulit kepala sehingga mengurangi rambut rontok atau pecah-pecah.

Meski begitu, apakah Anda harus berhenti melakukan perawatan rambut pakai minyak kelapa? Tentu tidak. karena minyak kelapa bisa Anda gunakan untuk perawatan seperti :

1. Perawatan sebelum keramas

Jika ingin rambut yang lebih mudah diatur setelah keramas, Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa sebelum keramas loh. Pijat dan oleskan minyak 15 hingga 30 menit sebelum membilasnya dengan sampo. Kalau kulit kepala Anda berminyak, oleskan di bagian tengah dan ujung rambut saja.

2. Masker rambut yang didiamkan

Berani coba menggunakan masker rambut dari minyak kelapa dan mendiamkannya semalaman? Jangan terkejut jika esok harinya Anda mendapati rambut jadi tampak lebih lembut dan tampak halus. Diamkan semalam dan cuci rambut Anda keesokan harinya. Tapi jangan lakukan perawatan ini jika Anda pemilik kulit berminyak dan sensitif.

3. Sebagai pelembut atau conditioner

Karena banyak digunakan dalam perawatan untuk melembutkan, minyak kelapa memang paling cocok kalau Anda gunakan selepas keramas juga. Pakai conditioner dengan kandungan minyak ini agar rambut tak lagi bandel dan makin membuat Anda percaya diri.

Ya, meskipun secara sains tak terbukti bisa membuat rambut tumbuh dan panjang lebih cepat, tapi banyak juga manfaat menggunakan minyak kelapa untuk rambut, bukan?