Manfaat Minyak Kayu Hinoki untuk Kulit

doktersehat-manfaat-ekstrak-hinoki
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Masyarakat Jepang rupanya tidak hanya mengandalkan teh hijau dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Siapa yang menyangka ternyata masyarakat Jepang juga menggunakan minyak hasil ekstraksi pohon Hinoki. Pohon hinoki sendiri merupakan salah satu pohon yang kerap digunakan sebagai minyak aromaterapi. Minyak hinoki sendiri memiliki aroma yang menyerupai kayu dengan tambahan sitrus dan rempah-rempah yang menyegarkan. Tidak heran jika hal ini juga menjadikan banyak orang menggunakan minyak hinoki untuk:

1. Melembapkan Kulit

Seperti minyak esensial kebanyakan, minyak yang dihasilkan dari pohon Hinoki ini juga dapat menjaga kelembapan kulit lebih optimal. Tidak heran jika penggunaan minyak hinoki pada kulit dapat menjadikan kulit terasa lembap. Hal ini juga dapat mengatasi masalah kulit kering yang kerap menyebabkan breakout. Anda dapat langsung mengaplikasikan minyak hinoki pada kulit atau mengombinasikannya denga bahan-bahan alami lainnya.

2. Menjadikan Kulit Lebih Lembut

Tidak hanya menjadikan kulit terasa lebih lembap, laman That Bald Chick menyatakan jika penggunaan minyak hinoki pada kulit juga dapat menjadikan kulit terasa lebih lembut. Tentu saja hal tersebut masih berhubungan dengan kelembapan kulit. Hal inilah yang juga membuat sejumlah merk produk perawatan kulit ternama menambahkan minyak hinoki pada sejumlah lotion atau moisturizer.

3. Meredakan Ruam dan Gatal pada Kulit

Anda yang memiliki kulit sensitif rupanya juga dapat menggunakan minyak hinoki. Apalagi minyak hinoki dapat meredakan ruam dan gatal yang terjadi pada kulit. Baik yang disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi mau pun gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Kandungan bahan anti peradangan pada minyak hinoki juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat meradang.

Minyak hinoki sendiri masih terdengar asing di telinga masyarakat dan pegiat kecantikan Indonesia. Namun, jangan kaget jika minyak hinoki atau pun produk perawatan kulit yang mengandung bahan satu ini sangat menjamur di negeri Sakura, Jepang.