6 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak dan Kandungan di Dalamnya

vitamin-minyak-ikan-untuk-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak orang tua yang memberikan vitamin minyak ikan untuk anak karena sekedar ikut-ikutan. Hanya sedikit orang tua yang tahu mengenai manfaat minyak ikan untuk anak. Seharusnya, setiap orang tua mengetahui itu sehingga tahu tujuan sesungguhnya dari pemberian minyak ikan kepada anak.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui informasi seputar pemberian minyak ikan untuk anak. Temukan apa itu minyak ikan, kandungan zat-zat penting yang ada di dalam minyak ikan, dan manfaat minyak ikan untuk anak melalui penjelasan ini.

Apa Itu Minyak Ikan?

Minyak ikan adalah cairan berwarna kuning keemasan yang dihasilkan dari proses pengolahan ikan dengan cara merebus. Kini, banyak produsen yang menjual minyak ikan dalam bentuk suplemen atau vitamin.

Kandungan Minyak Ikan

Sudah pasti, minyak ikan mengandung lemak karena minyak apa pun itu baik hewani maupun nabati adalah lemak murni dalam bentuk cairan. Kandungan minyak ikan kaya akan asam lemak tak jenuh jamak.

Asam lemak tak jenuh jamak yang ada di dalam minyak ikan adalah PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid). PUFA atau asam lemak tak jenuh jamak terdiri dari asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 yang dikandung oleh minyak ikan adalah EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid). Tentunya, Anda sangat akrab kan dengan kedua zat tersebut yang biasa muncul pada iklan-iklan terkait produk untuk kecerdasan anak.

Selain memiliki kandungan asam lemak tak jenuh jamak termasuk asam lemak omega 3, minyak ikan juga mengandung beberapa jenis vitamin. Ada dua jenis vitamin yang ada di dalam kandungan minyak ikan.

Kedua vitamin tersebut adalah vitamin A dan vitamin D. Baik vitamin A maupun vitamin D merupakan jenis vitamin larut lemak. Anda tak perlu bingung karena vitamin A dan vitamin D yang ada di dalam minyak ikan akan larut sendiri dengan bantuan lemak pada minyak ikan.

Vitamin Minyak Ikan untuk Anak, Perlukah?

Minyak ikan memang kaya akan zat-zat gizi yang penting bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Ini membuat anak-anak memerlukan minyak ikan untuk mencapai tumbuh kembang optimal.

Namun, kewajiban pemberian vitamin minyak ikan untuk anak perlu dipikirkan kembali. Setelah mengetahui kandungan zat-zat penting yang ada di dalam minyak ikan, seharusnya Anda menyadari bahwa kandungan asam lemak tak jenuh dan vitamin yang ada di dalam minyak ikanlah yang memegang peranan terhadap kesehatan tubuh anak.

Ini membuat vitamin minyak ikan tidak perlu diberikan kepada anak asalkan anak-anak mendapatkan asupan asam lemak tak jenuh jamak berikut asam lemak omega 3, vitamin A dan vitamin D yang memadai lewat jenis bahan makanan alami harian.

Anda perlu tahu bahwa minyak ikan yang dijual di pasaran dalam bentuk kapsul suplemen telah melalui proses produksi hingga distribusi di mana terdapat hal-hal yang bisa mengurangi manfaatnya dan meningkatkan efek sampingnya.

Kandungan asam lemak yang ada di dalam suplemen atau vitamin minyak ikan cukup tinggi. Hal tersebut berisiko bagi anak karena bisa mengonsumsi asam lemak dan vitamin (A dan D) secara berlebih. Tentunya, ini tidak bagi bagi tubuh dan otak anak.

Baca Juga: 6 Resep Masakan Ikan Sehat yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Kandungan asam lemak tak jenuh (asam lemak omega 3) yang melimpah di dalam minyak ikan membuat minyak ikan memiliki beberapa manfaat. Belum lagi, kandungan vitamin A dan vitamin D yang semakin menambah manfaat minyak ikan untuk anak.

Simaklah beberapa manfaat minyak ikan untuk anak di bawah ini:

1. Meningkatkan kecerdasan anak

Manfaat minyak ikan untuk anak yang sangat dikenal masyarakat adalah bisa meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan asam lemak omega 3 di dalam minyak ikan membantu proses tumbuh kembang otak.

2. Membantu perkembangan fisik

Kandungan bermanfaat di dalam minyak ikan memiliki manfaat terhadap perkembangan fisik anak. Anak-anak yang cukup mendapatkan asam lemak omega 3 memiliki perkembangan motorik yang lebih baik.

3. Meningkatkan berat badan

Ada sebuah penelitan yang menunjukkan bahwa pemberian minyak ikan dapat meningkatkan berat badan anak apabila ditambahkan pada menu harian anak. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang ada di dalam minyak ikan meningkatkan jumlah kalori.

4. Membuat penglihatan lebih sehat

Manfaat minyak ikan untuk anak juga bisa membuat penglihatan anak lebih sehat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dalam minyak ikan memiliki dampak positif terhadap kesehatan mata.

5. Membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang

Anak-anak yang mengonsumsi minyak ikan cenderung memiliki tulang yang sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan adanya vitamin D yang banyak pada kandungan minyak ikan. Vitamin D bisa membantu proses pertumbuhan dan pembentukan tulang anak.

6. Menyehatkan tubuh anak

Beberapa kandungan minyak ikan yang telah disebutkan sebelumnya akan memperkaya nilai gizi makanan harian anak. Anak akan mendapatkan asupan zat gizi yang cukup dan tubuh anak pun menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Penting! Kenali 8 Ciri-Ciri Anak Cerdas, Pintar, dan Berbakat

Kelemahan vitamin minyak ikan

Manfaat minyak ikan untuk anak memang cukup banyak. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa minyak ikan memiliki sebuah kelemahan. Kelemahan dari vitamin minyak ikan untuk anak adalah mudah rusak.

Minyak ikan sangat mudah mengalami kerusakan oksidatif. Hal ini dikarenakan kandungan minyak ikan yang tinggi akan asam lemak tak jenuh jamak, yaitu EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid).

Kerusakan oksidatif pada minyak ikan bisa terjadi karena beberapa hal yaitu suhu, oksigen, dan cahaya. Ketiga hal tersebut memicu oksidasi asam lemak pada minyak ikan sehingga membentuk volatik yang membuat minyak ikan menjadi bau tengik.

Jadi, jika minyak ikan telah bau tengik maka minyak ikan tersebut sudah mengalami kerusakan oksidatif dan janganlah menggunakannya. Jika Anda tak ingin minyak ikan cepat rusak maka simpanlah pada suhu 18-20 derajat Celcius dalam wadah kedap udara dan hindari dari paparan cahaya.