9 Jenis Minyak Goreng Sehat yang Baik Digunakan untuk Memasak

minyak-goreng-yang-sehat-doktersehat

DokterSehat.Com – Memanggang, menumis, dan menggoreng merupakan proses pemasakan yang tidak bisa dihindari. Proses pemasakan seperti itu memerlukan minyak goreng, tapi apakah Anda sudah memastikan bahwa jenis minyak yang digunakan adalah minyak goreng sehat?

Jika ingin hidup sehat, maka Anda seharusnya memilih minyak goreng yang sehat. Apakah Anda memahami hal apa yang membuat minyak goreng dikatakan sehat atau tidak sehat? Sudah tahu beberapa jenis minyak goreng paling sehat? Yuk, simak penjelasan ini untuk menemukan jawabannya!

Kriteria minyak goreng yang sehat

Kriteria minyak goreng sehat bukanlah karena harga ataupun asal lokasi produksinya (impor), melainkan kandungan lemaknya. Ada tiga jenis kandungan lemak yang biasanya ada di dalam minyak goreng, yaitu lemak tidak jenuh tunggal, lemak tidak jenuh ganda, dan lemak jenuh.

Lemak tidak jenuh (tunggal dan ganda) adalah lemak yang sangat baik dalam menjaga kestabilan kadar kolesterol tubuh dan juga memelihara kesehatan jantung. Sebaliknya, lemak tidak jenuh malah membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Lantas, apa kriteria minyak goreng yang sehat?

Kriteria minyak goreng yang sehat adalah memiliki kadar lemak tidak jenuh (tunggal dan ganda) yang tinggi dan kadar lemak jenuh yang rendah. Semakin tinggi kadar lemak tidak jenuh (tunggal dan ganda) dan semakin rendah kadar lemak jenuhnya, maka semakin sehat minyak goreng tersebut.

Pada umumnya, jenis minyak goreng yang memiliki kriteria tersebut banyak tergolong minyak goreng nabati. Meskipun, ada juga minyak goreng nabati yang tidak sehat untuk sering digunakan terutama pada penderita jantung atau masalah vaskular.

Baca Juga: 8 Jenis Minyak Zaitun dan Kegunaannya (Bisa Turunkan Kolesterol)

Mengapa perlu menggunakan minyak goreng sehat?

Minyak goreng sehat mengandung lemak tidak jenuh yang lebih tinggi dan lemak jenuh yang lebih rendah. Hal tersebut berdampak pada kesehatan tubuh Anda terutama kesehatan jantung dan otak.

Penggunaan minyak goreng yang sehat bisa menurunkan beberapa risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, defisiensi vitamin larut lemak (A, D, E, K), dan lainnya. Selain itu, pemakaian minyak goreng sehat malah akan meningkatkan kesehatan jantung, otak, dan lainnya. Jadi, itulah alasan mengapa minyak goreng sehat itu penting.

Jenis-jenis minyak goreng paling sehat

Anda sudah tahu betapa pentingnya menggunakan minyak goreng yang sehat. Oleh karena itu, yuk simak beberapa jenis minyak goreng paling sehat yang sangat direkomendasikan untuk digunakan saat proses memasak harian.

Inilah beberapa jenis minyak goreng paling sehat:

1. Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

EVOO atau Extra Virgin Olive Oil adalah minyak goreng paling sehat yang sudah diketahui oleh banyak orang. Minyak ini mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Jenis minyak ini baik digunakan pada proses menumis tetapi tidak disarankan untuk digunakan dalam menggoreng karena memiliki titik asap yang cukup rendah. Apabila titik asap rendah, maka minyak akan mudah terbakar dan mengeluarkan radikal bebas.

2. Pure Olive Oil

Sama-sama berasal dari olahan zaitun, minyak zaitun murni atau pure olive oil merupakan minyak goreng paling sehat yang cocok digunakan dalam proses menggoreng karena memiliki titik asap yang lebih tinggi sehingga lebih tahan dalam menggoreng.

3. Canola Oil

Minyak kanola termasuk minyak goreng paling sehat. Hal ini dikarenakan kandungan lemak baik di dalam canola oil cukup tinggi. Canola oil juga rendah lemak jenuh. Titik asap minyak kanola cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng makanan.

Jenis minyak ini juga bisa digunakan untuk memanggang dan membuat kue. Rasa minyak kanola cukup netral sehingga kurang bisa diandalkan untuk memberi rasa tambahan dalam penumisan. Namun, ingatlah bahwa kesehatan lebih penting daripada rasa.

4. Sesame Oil

Sesame Oil atau minyak wijen memiliki aroma khas yang cukup menggoda. Selain aroma khasnya, minyak wijen juga memiliki manfaat bagi kesehatan sehingga tergolong minyak goreng paling sehat.

Namun, minyak wijen sebaiknya digunakan untuk menumis karena memiliki titik asap yang tidak terlalu tinggi. Apabila Anda memiliki alergi wijen, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Flaxseed Oil

Flaxseed dikenal sebagai pangan super yang memiliki banyak manfaat. Minyak flaxseed mengandung sumber asam alfa-linoleat (ALA) (asam lemak omega-3 ) yang sangat baik menjaga dan meningkatkan fungsi otak.

Jenis minyak ini layak masuk dalam jajaran minyak goreng paling sehat karena bisa menurunkan risiko penyakit kanker dan meredakan peradangan sendi. Namun, jika Anda sedang menjalani terapi obat Antikoagula, maka perlu menghindari minyak Flaxseed.

Hal ini dikarenakan minyak Flaxseed bisa meningkatkan penggumpalan darah yang tidak baik bagi penderita trombosis vena. Minyak Flaxseed sangat baik untuk digunakan pada salad tetapi tidak baik untuk menggoreng.

Baca Juga: Manfaat Biji Rami (Flaxseed)

6. Safflower Oil

Minyak goreng sehat yang juga masuk pada barisan depan adalah Safflower Oil. Safflower Oil mengandung lemak jenuh yang rendah dan asam lemak omega 9 yang tinggi. Hal ini tentunya sangat baik bagi kesehatan Anda. Safflower oil memiliki titik asap yang cukup tinggi dan rasa netral sehingga aman digunakan untuk menggoreng.

7. Peanut Oil

Peanut Oil juga termasuk minyak goreng sehat yang beraroma bagus. Makanan Anda bisa beraroma kacang jika Anda menggunakan Peanut Oil saat memasak. Minyak ini rendah lemak jenuh sehingga aman untuk kesehatan jantung.

8. Walnut Oil

Apabila Anda memiliki dana tambahan, maka tidak ada salah untuk memilih minyak goreng sehat Walnut Oil. Minyak walnut mengandung asam omega-3 yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

9. Avocado Oil

Minyak goreng paling sehat juga bisa berasal dari buah-buahan seperti Avocado Oil (minyak alpukat). Buah alpukat mengandung banyak asam omega-3. Titik asap minyak alpukat juga cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, dan memanggang.

Sudah terbayang ingin memilih minyak goreng sehat yang mana untuk masak menu selanjutnya hari ini? Selamat mencoba dan menikmati manfaatnya yah!