DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan kolesterol, hal pertama yang akan terpikir biasanya adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan berminyak. Jika tidak ingin sampai terkena masalah kolesterol tinggi, maka ada baiknya kita menurunkan asupan makanan yang berminyak atau bahkan memilih minyak goreng yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya apakah memang ada minyak goreng non-kolesterol?



Jika kita cermati, terdapat beberapa merek minyak yang tersedia di pasaran dengan label non-kolesterol. Seteiap merek mengklaim minyak ini paling sehat bagi tubuh kita. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak mudah tergoda dengan keberadaan label non-kolesterol tersebut.

Sebenarnya, semua minyak sudah bersifat non-kolesterol karena minyak ini terbuat dari bahan nabati, bulannya dari bahan hewani, sumber utama dari kolesterol. Alih-alih mempercayai label, ada baiknya kita memperhatikan kandungan minyak jenuh dan tak jenuh dalam label kemasan minyak goreng tersebut. Pilihlah minyak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau ganda yang paling banyak karena minyak inilah yang paling sehat.

Setelah memilih minyak goreng yang lebih sehat, kita juga harus memastikan diri untuk tidak mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan kolesterol seperti jeroan atau lemak yang ada pada daging hewan. Sebagaimana kita ketahui, rasa dari jeroan dan lemak memang cenderung lebih nikmat dari daging. Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan minyak goreng ini hingga berkali-kali karena bisa meningkatkan kadar lemak jahatnya. Dengan melakukan hal ini, maka kita pun tidak akan mudah terkena masalah kolesterol tinggi yang berbahaya.