Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit yang menjadi gelap dari tone asli merupakan salah satu tanda jika Anda mengalami pigmentasi. Kendati demikian, ternyata kondisi tersebut dapat bertambah parah yang menyebabkan kulit tampak gosong dan kusam.

Ragam Minyak Esensial yang Cegah Pigmentasi Kulit

Gejala tersebut biasa disebut dengan istilah hiperpigmentasi. Sebagai tambahan informasi, hiperpigmentasi merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet yang dapat merusak sel-sel kulit sekaligus memicu produksi melanin pada sel kulit. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, kondisi satu ini ternyata juga dapat menjadi salah satu penyebab dari kanker kulit.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan antisipasi dengan menggunakan beragam minyak esensial berikut:

1. Minyak Lemon

Dilansir dari laman Beautymunsta, salah satu minyak esensial yang ampuh untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit adalah minyak lemon. Minyak lemon adalah minyak esensial yang diekstraksi dari kulit jeruk lemon. Minyak yang memiliki aroma khas citrus ini mengandung zat aktif bernama limonene yang berperan dalam mencerahkan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Tidak heran jika adanya kandungan limonene membantu mencegah produksi melanin yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Lebih lanjut, minyak lemon juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar UV.

2. Minyak Biji Wortel

Selain minyak lemon, Anda juga dapat menggunakan minyak biji wortel. Minyak yang diekstraksi dari biji wortel ini merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki kandungan beta-karoten cukup tinggi. Sebagai tambahan informasi, beta-karoten merupakan salah satu zat aktif yang berperan penting dalam mencegah aktifnya enzim tironase.

Enzim tironase sendiri merupakan salah satu enzim yang bekerja dalam memproduksi melanin pada sel kulit. Tidak heran jika pemakaian minyak biji wortel menjadikan kulit tetap terlihat lebih cerah dan bersih.

3. Minyak Sandalwood

Minyak esensial satu ini merupakan minyak yang sudah sejak lama digunakan dalam metode pengobatan tradisional. Tidak hanya memiliki aroma yang khas, minyak sandalwood juga dikenal sebagai salah satu minyak yang ampuh memudarkan bekas jerawat dan noda hitam.

Lebih lanjut, minyak sandalwood ternyata juga dapat membantu mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi. Tidak hanya mengurangi jumlah melanin pada sel kulit, minyak sandalwood juga membantu memperbaiki jaringan tisu pada lapisan kulit.

Nah, beberapa minyak esensial di atas dapat Anda jadikan referensi untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Kendati demikian, jangan lupa pula untuk selalu menggunakan sunblock atau sunscreen dengan tingkat SPF yang tinggi. Selain itu, jangan lupa pula menjaga asupan cairan agar kelembapan kulit tetap terjaga.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi