Minyak Esensial Ini Cegah Jerawat pada Kulit Acne-Prone

Minyak-esensial-cegah-jerawat-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/ Your Best Digs

DokterSehat.Com– Mungkin banyak dari Anda yang mengernyitkan dahi saat membaca judul ini. Apalagi, kulit yang rentan jerawat sangat tidak disarankan menggunakan produk-produk berbahan dasar minyak.

Namun, minyak esensial berikut berbeda dari produk-produk berbahan dasar minyak pada umumnya. Pasalnya, sejumlah minyak esensial berikut mengandung formula bahan yang ampuh mengatasi jerawat dan mencegah terjadinya breakout.

Photo Credit: Flickr.com/ Your Best Dig

1. Tea Tree Oil

Minyak esensial satu ini merupakan jenis minyak yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Bahkan, banyak produk khusus jerawat yang dilengkapi dengan tea tree oil. Dilansir dari laman Healthy and Natural World, tea tree oil mengandung bahan anti bakteri, anti jamur dan anti virus yang menjaga kulit tetap bersih dan steril. Penggunaan tea tree oil juga meredakan peradangan yang terjadi.

2. Rosemary Oil

Selain tea tree oil, Anda juga dapat menggunakan rosemary oil. Kandungan bahan yang terkandung pada rosemary oil dapat membunuh bakteri serta meredakan ruam serta peradangan yang terjadi. Tidak hanya itu saja, mengaplikasikan rosemary oil juga mempercepat proses penyembuhan kulit dari jerawat. Bagi Anda yang memiliki tekstur kulit kasar lantaran bekas jerawat juga dapat menggunakan rosemary oil untuk memperbaiki tekstur kulit.

3. Lavender Oil

Selain memiliki aroma yang menenangkan, lavender oil juga dapat mencegah kulit mengalami stress. Sebagai tambahan informasi, kulit yang stress lebih rentang mengalami breakout. Tidak hanya itu saja, menggunakan minyak ini juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini pun telah teruji secara ilmiah lewat sejumlah penelitian yang dilampirkan pada jurnal Archives of Dermatology.

Penggunaan minyak-minyak esensial ini dapat langsung diaplikasikan pada kulit. Namun, Anda juga dapat memilih skincare yang dilengkapi dengan sejumlah minyak esensial di atas. Agar mendapat hasil yang optimal, tidak ada salahnya untuk mengimbanginya dengan menjaga gaya hidup.