Terbit: 31 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Mungkin banyak dari Anda yang meremehkan komedo. Padahal, komedo merupakan cikal bakal terbentuknya jerawat. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan sejumlah cara untuk membersihkan komedo. Salah satunya adalah dengan menggunakan sejumlah minyak esensial berikut yang mampu membersihkan komedo secara optimal. Tidak hanya itu saja, kandungan bahan aktif pada sejumlah minyak esensial ini juga menjadikan kulit terasa lebih sehat dan bersih.

doktersehat-minyak-esensial-atasi-komedo

1. Tea Tree

Salah satu minyak esensial yang dapat digunakan untuk meluruhkan komedo di hidung adalah tea tree oil. Minyak yang terbuat dari ekstrak pohon Asutralian tea tree ini memiliki fungsi seperti benzoyl peroksida yang ampuh dalam membersihkan jerawat. Tidak hanya itu saja, minyak tea tree juga dilengkapi dengan kandungan zat antiseptik yang mencegah infeksi bakteri P. Acnes.

2. Lavender

Berbeda lagi untuk Anda yang memiliki komedo yang cukup membandel. Anda dapat mengatasinya menggunakan minyak lavender. Minyak lavender merupakan salah satu minyak esensial yang aman digunakan untuk membersihkan komedo pada semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Apalagi penggunaan minyak lavender juga dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Keuntungan lainnya dari pemakaian minyak lavender adalah wanginya yang menenangkan.

3. Lemongrass

Dilansir dari laman Livestrong, Anda juga dapat menggunakan minyak lemongrass. Minyak satu ini merupakan minyak yang kerap digunakan pada metode pengobatan Ayurveda. Sebagai tambahan informasi, minyak lemongrass dapat mengontrol produksi sebum yang menyebabkan komedo. Tidak hanya itu saja, minyak satu ini juga ampuh menghilangkan komedo hitam.

Menghilangkan komedo di hidung ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan pore pack saja. Anda juga dapat memanfaatkan sejumlah minyak esensial seperti di atas yang membersihkan hidung dari komedo secara optimal.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi