Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat merupakan masalah kulit yang sering kali membuat frustasi banyak orang. Bagaimana tidak, ketika memiliki jerawat, sebagian orang akan terus menerus memusatkan perhatiannya pada jerawat yang ada di wajah mereka. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah merawatnya dengan minyak cengkeh.

Menggunakan Minyak Cengkeh untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Berikut ini beberapa tips untuk merawat jerawat dengan menggunakan minyak cengkeh:

1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh kaya akan antioksidan dan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat yang mungkin ada di kulit Anda. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena metode ini bisa jadi akan terlalu kuat untuk beberapa orang.

Caranya, anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada jerawat. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air dan pembersih wajah bebas minyak. Tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya kemudian oleskan pelembap.

2. Minyak kelapa dan minyak cengkeh

Minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu wajah Anda dengan jerawat. Minyak kelapa membantu meluruhkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori serta menutrisi dan melembapkan kulit. Jika digabungkan dengan minyak cengkeh, maka agen anti bakteri ini akan masuk ke dalam kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat yang tersisa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Caranya, uapi wajah Anda selama 5 menit untuk membuka pori-pori. Campurkan minyak kemudian oleskan pada wajah dan pijat perlahan dengan gerakan memutar. Bilas dengan pembersih bebas minyak dan keringkan dengan handuk.

3. Foundation dan minyak cengkeh

Ada kalanya Anda masih membutuhkan makeup meski sedang berjawat. Di situasi seperti ini, minyak cengkeh akan membantu Anda agar tidak memperburuk jerawat. Caranya, tambahkan satu tetes minyak cengkeh dan sedikit foundation yang akan Anda pakai. Kemudian oleskan pada wajah seperti biasa. Meski demikian, jangan gunakan metode ini setiap hari atau sebagai pengganti metode lainnya. Tetap bersihkan makeup Anda sebelum tidur.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat dengan minyak cengkeh. Siap mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi