Menggunakan Minyak Catnip untuk Merawat Kulit

catnip-oil-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Catnip merupakan salah satu tanaman yang kerap dikaitkan dengan tingkah laku kucing. Kendati tanaman satu ini kerap digunakan untuk kucing peliharaan Anda, siapa yang menyangka jika Catnip juga diolah menjadi minyak esensial. Bahkan, minyak Catnip sudah sering digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan tubuh dan kulit. Tanaman yang juga disebut dengan nama cat mint atau mint kucing ini memiliki kandungan zat aktif yang cukup berlimpah. Tidak heran jika minyak Catnip memiliki banyak khasiat seperti berikut:

1. Berperan Sebagai Astringent

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan minyak Catnip adalah mendapatkan kulit yang segar. Apalagi kandungan zat aktif pada minyak Catnip berperan sebagai astringent yang mampu mengecilkan pori-pori kulit. Secara otomatis, kondisi demikian juga dapat mengontrol produksi sebum sehingga kulit akan bebas dari kilap. Lebih lanjut, kulit yang bebas kilap dan terhindar dari penyumbatan pori-pori akan mencegah munculnya komedo atau pun jerawat.

2. Mengencangkan Kulit

Dilansir dari Mercola, manfaat dari penggunaan minyak Catnip lainnya adalah mencegah kulit mengendur. Tidak heran jika sejumlah wanita kerap mengaplikasikan minyak Catnip pada bagian wajah, terutama sudut-sudut wajah untuk mencegah munculnya garis halus. Hal ini rupanya berkaitan dengan kandungan zat aktif minyak Catnip yang ampuh dalam menjaga dan mengembalikan kekencangan kulit. Maka jangan kaget jika kulit akan tampak lebih awet muda dari sebelumnya.

3. Mengatasi Gigitan Serangga

Gigitan serangga pada kulit kerap menimbulkan sensasi gatal dan terbakar yang terus-menerus. Bahkan sejumlah gigitan serangga kerap meninggalkan bekas kemerahan yang tak kunjung memudar. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi kondisi yang demikian dengan mengaplikasikan minyak Catnip. Minyak Catnip dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat mengatasi gigitan serangga secara alami.

Selain menggunakan minyak Catnip pada kulit, Anda dapat menggunakan minyak satu ini untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan pada tubuh. Bahkan, banyak orang yang mengonsumsi ekstrak Catnip dalka bentuk teh yang menyegarkan.