Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak Bergamot merupakan salah satu minyak esensial yang banyak digunakan dalam industri kecantikan. Bahkan, minyak Bergamot tergolong sebagai minyak utama sebagai bahan baku parfum.

Fakta-Fakta Menarik tentang Minyak Bergamot

Terkait dengan minyak Bergamot, minyak satu ini rupanya dihasilkan dari ekstraksi jeruk Bergamot. Selain itu, minyak Bergamot juga menjadi penambah rasa pada teh jenis Earl Grey yang banyak dinikmati oleh bangsawan dan masyarakat Inggris Raya. Lebih lanjut, rupanya minyak satu ini menyimpan sejumlah fakta yang belum banyak diketahui seperti:

1. Mampu Membasmi Bakteri pada Kulit

Dilansir dari laman Only Foods, minyak Bergamot merupakan salah satu minyak yang dilengkapi dengan kandungan zat anti bakteri. Tidak heran jika minyak satu ini akhirnya mampu mengatasi sejumlah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Mulai dari jerawat hingga psoriasis.

2. Mengontrol Produksi Sebum

Khasiat lainnya dari minyak Bergamot adalah kandungan bahan aktifnya yang ampuh dalam mengontrol produksi sebum. Dengan kata lain, minyak satu ini sangat disarankan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak atau pun rentan berjerawat. Kendati demikian, minyak Bergamot merupakan minyak yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori.

3. Menjadikan Rambut Lebih Lembap

Tidak hanya mempercantik kulit wajah, minyak Bergamot juga dapat menyempurnakan rambut. Sebagai tambahan informasi, minyak Bergamot berperan sebagai moisturizer dan kondisioner alami yang akan menjaga kulit kepala dan batang rambut tetap lembap. Kondisi yang demikian juga akan menjauhkan Anda dari masalah rambut berketombe atau pun rambut kering.

Jika melihat sejumlah fakta di atas, tidak mengejutkan lagi karena minyak Bergamot merupakan sumber dari beragam bahan aktif. Bahkan, minyak Bergamot juga tergolong ke dalam jenis minyak dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain digunakan secara langsung, minyak Bergamot juga dapat dikombinasikan dengan minyak lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi