10 Minuman yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak

wedang-jahe-doktersehat

DokterSehat.Com – Tidur adalah salah satu aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Dengan tidur, tubuh bisa beristirahat secara fisik dan juga pikiran. Esok hari setelah Anda tidur semalaman, tubuh akan terasa lebih nyaman. Meski tidur memberikan cukup banyak manfaat, tidak semua orang bisa melakukannya.

Minuman yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Kita bisa tidur dengan nyenyak kalau memiliki tubuh bersih, pakaian nyaman, hingga kamar yang adem. Selain apa yang sudah disebutkan, Anda juga bisa tidur dengan nyaman kalau mengonsumsi beberapa minuman di bawah ini.

  1. Susu Hangat

Susu hangat adalah minuman pertama yang akan membantu Anda bisa tidur dengan nyenyak. Susu hangat akan membuat perut jadi nyaman sehingga peluang terjadi kantuk akan besar. Susu juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama tanpa memasukkan banyak kalori.

Susu yang diminum bisa disesuaikan dengan selera. Kalau Anda mengonsumsi susu dengan kandungan cokelat lebih besar akan lebih baik. Cokelat memberikan rasa nyaman di tubuh sehingga cocok untuk memperbaiki mood setelah lelah seharian bekerja.

  1. Teh Chamomile

Chamomile adalah bunga yang dimanfaatkan sebagai tanaman herbal sejak ribuan tahun yang lalu. Bunga yang kerap dikeringkan lalu diseduh menjadi teh ini memiliki cukup banyak kandungan bermanfaat yang bisa mengatasi masalah mood, anxiety, hingga mengatasi  gangguan tidur seperti insomnia.

Anda bisa mengonsumsi teh chamomile ini kalau sering sekali mengalami gangguan tidur. Misal susah tidur atau tidur selalu tidak nyenyak. Konsumsi teh ini sebanyak 1-2 kali sehari khususnya saat sedang tidur. Rasa nyaman pasca minum teh akan membuat Anda segera tidur dengan nyenyak.

  1. Susu Almond

Almond adalah salah satu kacang-kacangan yang sangat bermanfaat. Pertama, susu almond mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup. Meski susu nabati, kandungan bisa menyaingi susu hewani.

Selain itu hampir semua komponen dari almond mampu mengatasi masalah tidur. Bahkan ada penelitian yang mendukung hal ini. Anda bisa langsung mengonsumsi almond secara langsung atau dibuat susu agar lebih mudah dikonsumsi dan bisa dicampur dengan bahan lain misal buah-buahan.

  1. Teh Ashwagandha

Ashwagandha adalah salah satu herbal paling penting dalam pengobatan ala Ayurveda di India. Tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari akar, batang, daun, dan buah yang mirip beri. Umumnya bagian batang dan daun akan dikeringkan menjadi teh.

Mengonsumsi teh dari daun kering ashwagandha secara rutin bisa membuat Anda jadi lebih sehat. Bahkan, gangguan tidur yang selama ini dialami bisa segera diatasi dengan mudah.

  1. Smoothies Pisang

Pisang adalah makanan yang akan memberikan efek kenyang lama pada tubuh. Kandungan gula yang cukup tinggi dan aman bisa dimanfaatkan untuk memberikan rasa nyaman di perut saat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi smoothies.

Kalau Anda ingin membuat smoothies, bahan campurannya sesuai dengan selera, pisang menjadi bahan utama untuk diolah. Jangan tambahkan gula atau susu karena bisa menaikkan jumlah kalori.

  1. Teh Hijau

Sebenarnya minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh tidak cocok dikonsumsi saat akan tidur. Namun, kalau Anda menggunakan teh hijau atau kopi yang sudah decaf atau hilang kafeinnya, rasa nyaman bisa didapatkan di perut. Apalagi dicampur dengan susu.

  1. Air Kelapa Asli

Sebelum tidur tubuh seseorang harus terhidrasi dengan sempurna. Kalau tubuh bisa terhidrasi dengan sempurna, fungsi organ tidak akan terganggu. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Anda juga bisa minum air kelapa asli untuk menyuplai ion tubuh.

  1. Jus Buah Ceri

Buah ceri juga bisa digunakan untuk minuman yang mempercepat tidur. Anda bisa menggunakan ceri yang masih segar, bukan ceri yang sudah dijadikan manisan. Campur dengan susu atau yoghurt untuk memberikan tambahan tekstur.

  1. Teh Jahe

Kunci bisa tidur nyenyak dan nyaman adalah perut harus terisi dan hangat. Kalau perut terasa sakit atau dingin, Anda akan sulit sekali tidur. Salah satu cara untuk menghangatkan perut adalah dengan minum teh jahe atau minuman dengan ekstra jahe.

Kalau Anda ada masalah dengan lambung seperti mudah nyeri, jahe mungkin tidak cocok dikonsumsi sebelum tidur. Anda bisa menggunakan minuman lain yang aman dan tetap memberikan efek yang sama.

  1. Air Putih

Minuman terakhir yang bisa diandalkan agar bisa tidur dengan nyenyak adalah air putih. Meski tidak memiliki kalori, air putih bisa memberikan rasa nyaman di tubuh. Air juga memberikan rasa relaks di tubuh apalagi kalau dibuat infused water dengan buah atau sayur.

Air putih yang Anda minum akan membuat tubuh jadi terhidrasi. Dampaknya tubuh bisa menjalankan fungsinya selama tidur. Anda tidak akan mengalami dehidrasi meski selama tidur air di dalam tubuh akan menguap dengan sendirinya.

Inilah beberapa minuman yang akan membantu Anda dalam mengatasi masalah tidur. Kalau Anda mengonsumsinya secara rutin, gangguan tidur tidak akan terjadi sehingga tubuh selalu segar, anti stres, hingga terhindar dari risiko obesitas sampai diabetes yang berbahaya. Minuman mana saja yang Anda sukai sebelum tidur?

 

 

Sumber:

  1. Snyder, Cecilia. 2019. 9 Drinks That Help You Sleep. https://www.healthline.com/nutrition/drinks-that-help-you-sleep. (Diakses pada 7 November 2019)
  2. Dragon, Nick. 2016. 10 Drinks to Help You Sleep at Night. https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2016/08/10-drinks-to-help-you-sleep-at-night/. (Diakses pada 7 November 2019)
  3. Howard, Jacqueline. 2019. What to drink to help you sleep. https://edition.cnn.com/2019/06/28/health/drinks-sleep-food-as-fuel-explainer/index.html. (Diakses pada 7 November 2019)
  4. Jhaveri, Anisha. 2018. 19 Sleep-Inducing Drinks to Sip Before Bed. https://greatist.com/eat/natural-sleep-aids-to-drink-before-bed#1. (Diakses pada 7 November 2019)