Terbit: 2 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kita kerap menganggap kalau seseorang yang terkena diabetes, hidupnya akan jadi berantakan. Padahal tidak demikian, seseorang dengan kondisi diabetes sekali pun bisa hidup seperti orang normal dan melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, kondisi ini hanya bisa didapatkan kalau menjaga tubuh dan pola makan harian.

10 Minuman yang Wajib dan Terlarang Diminum Penderita Diabetes

Kunci Bertahan dengan Diabetes

Pola makan menjadi kunci utama yang membuat seseorang bisa bertahan dengan kondisi diabetes atau tidak. Kalau mereka asal mengonsumsi makanan seperti saat sedang sehat, gula darah di dalam tubuh bisa saja ikut naik. Itulah kenapa mengendalikan apa yang kita makan adalah sesuatu yang penting.

Selain apa yang dimakan, apa yang kita minum juga harus dikendalikan. Ada banyak minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Kalau Anda mengonsumsi minuman yang dilarang, gangguan pada tubuh bisa saja terjadi.

Minuman yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selalu berhati-hati adalah kunci utama untuk bisa sehat meski memiliki kondisi diabetes. Kalau Anda ingin mengonsumsi minuman, berikut rekomendasinya.

  1. Air Putih

Mengapa air putih baik sekali dan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes? Jawabannya sederhana saja, Anda tidak akan mendapatkan kalori dengan hanya minum air. Mencukupi kebutuhan air juga membantu Anda dalam mengatasi dehidrasi dan mencegah makan berlebihan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Kopi Tanpa Gula

Dari studi yang dilakukan pada tahun 2002, kopi tanpa gula baik yang memiliki kadar kafein tinggi atau rendah baik untuk cegah diabetes. Mengonsumsi kopi tanpa gula sebanyak 2-3 cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

  1. Teh Tanpa Gula

Teh mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Selanjutnya kalau dikonsumsi secara rutin, tekanan darah juga lebih stabil dan menurunkan risiko diabetes. Ingat, teh yang dikonsumsi harus tanpa gula apa pun jenisnya.

  1. Jus Sayuran

Beberapa jenis buah tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena memiliki kandungan gula yang besar. Meski demikian, Anda bisa menggunakan sayuran dan juga tomat kalau ingin mengonsumsi jus sehat. Jangan tambahkan gula setiap membuatnya.

  1. Susu Rendah Lemak

Anda boleh mengonsumsi susu rendah lemak sebanyak 1-2 gelas sehari. Selama tidak ditambah gula, susu ini sangat bermanfaat untuk mencukupi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kambuh dan memiliki gejala diabetes adalah hal yang paling ditakuti. Oleh karena itu jauhi beberapa minuman ini.

  1. Minuman Bersoda

Satu porsi soda mengandung sekitar 40 gram gula atau karbohidrat. Jumlah ini akan meningkat kalau Anda minum terlalu banyak. Apa pun jenis soda baik yang biasa atau diet tetap berpotensi sebabkan masalah pada penderita diabetes.

  1. Jus dengan Tambahan Gula

Jus buah tertentu saja tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena kadar gulanya tinggi. Hal ini akan lebih buruk kalau sampai ditambah gula atau krimer kental manis untuk memberikan tambahan rasa nikmat.

  1. Minuman Berenergi

Minuman berenergi memiliki dua komponen utama dalam pembuatannya, pertama adalah kafein dan kedua gula. Dua hal ini akan memberikan energi dengan cepat serta fokus yang tinggi. Sayangnya, energy drink mudah sekali menaikkan gula darah di dalam tubuh.

  1. Minuman Beralkohol

Dari studi yang dilakukan, mengonsumsi alkohol mampu menaikkan risiko diabetes pada seseorang. Kalau mereka sudah memiliki diabetes, gula darah akan semakin mudah naik dan membuat tubuh tidak stabil. Hindari atau stop konsumsi alkohol mulai dari sekarang.

  1. Berbagai Minuman dengan Tambahan Gula

Apa pun jenis minuman yang dikonsumsi kalau ada tambahan gula bisa menaikkan gula darah. Kalau bisa mengonsumsi versi tawar akan lebih baik atau ganti dengan air putih agar lebih awet.

Tips Sehat Lain untuk Penderita Diabetes

Selain memperhatikan apa yang diminum seperti yang dibahas di atas, seseorang dengan kondisi diabetes bisa hidup lebih sehat dan juga panjang umur kalau melakukan tips di bawah ini dengan baik.

  • Memilih karbohidrat yang tepat untuk konsumsi harian. Seseorang dengan kondisi diabetes tidak bisa mengonsumsi nasi putih atau sejenisnya. Mereka harus makan sesuatu yang memiliki GI Indeks kecil seperti beras merah, buah, sayuran, dan produk olahan susu yang tidak ditambah gula.
  • Sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi garam setiap hari, Batasi dalam sehari hanya boleh mengonsumsi sekitar 6 gram atau satu sendok saja. Kalau lebih dari itu risiko darah tinggi hingga gangguan jantung akan besar. Pada penderita diabetes, kondisi ini sangat berbahaya.
  • Sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi daging merah dan olahannya terlalu banyak. Ganti daging merah yang biasa dikonsumsi dengan telur, ikan, dan ayam yang jauh lebih aman.
  • Memperbanyak buah dan sayuran. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak, Anda akan mendapatkan cukup banyak suplai serat. Nutrisi ini akan membuat tubuh kenyang lebih lama dan memperlambat penyerapan gula sehingga gula darah tidak mendadak naik.
  • Mengonsumsi lemak sehat dan tidak berasal dari hewani. Lemak sehat bisa berupa minyak dari ekstrak biji-bijian, avokad, minyak ikan, dan minyak zaitun. Lemak lain dari produk hewani lebih baik dihindari agar tidak memberikan efek buruk pada tubuh.
  • Jauhi gula tambahan yang sering sekali dipakai berlebihan. Kalau ingin minum apa saja jangan ditambahkan gula. Lebih baik dalam bentuk tawar saja untuk menghindari kenaikan gula darah yang berlebihan.
  • Lebih baik mengolah makanan sendiri daripada membeli meski dengan embel-embel makanan diabetes. Kalau Anda memasak sendiri, kemungkinan besar tahu apa yang dipakai untuk menghindari gangguan gula darah.

Inilah ulasan tentang minuman yang boleh dan tidak boleh diminum oleh penderita di atas. Meski saat ini Anda sedang sehat dan tidak memiliki diabetes, aturan di atas juga bisa diterapkan untuk mencegah munculnya penyakit diabetes yang sangat berbahaya.

 

 

Sumber:

  1. Ginta, Daniela. 2019. What Can I Drink If I Have Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/drinks-for-diabetics#worst-drinks. (Diakses pada 2 Desember 2019)
  2. Twenefour, Douglas. 10 tips for healthy eating with diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/10-ways-to-eat-well-with-diabetes. (Diakses pada 2 Desember 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi