Terbit: 18 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Apa minuman saat makan siang favorit Anda? Makan siang memang merupakan saat yang ditunggu-tunggu karena merupakan waktu untuk beristirahat di sela padatnya aktivitas.

Minuman-bikin-lemas-siang-hari-doktersehat-1

Tak heran, biasanya menu makanan dan minuman saat makan siang disiapkan dengan khusus. Minuman saat siang hari biasanya dipilih yang memiliki rasa menyegarkan.

Sayangnya, beberapa jenis minunan yang sering dipilih saat makan siang justru bisa menyebabkan tubuh merasa lemas setelah meminumnya.

Hal ini tentu sangat menggangu, mengingat kondisi tubuh yang lemas setelah makan siang akan mengganggu produktivitas dan konsentrasi kerja.

Kandungan pada beberapa jenis minuman menyebabkan tubuh lemas di siang hari

Berikut beberapa kandungan pada minuman yang dapat menyebabkan tubuh lemas:

  • Gula, baik gula alami maupun pemanis buatan
    Gula dapat membuat tubuh lemas karena gula darah cenderung tidak terkontrol atau naik turun dengan cepat.
  • Lemak
    Lemak membuat tubuh lemas karena lambat cerna dan mempeberat metabolisme tubuh.
  • Pengawet
    Bahan pengawet pada minuman kemasan cenderung menyebabkan tubh lemas karena dapat menyerap cairan tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

Lantas, apa saja jenis minuman yang dapat menyebabkan tubuh lemas saat makan siang?

Berikut 4 jenis minuman yang sebaiknya tidak Anda pilih saat makan siang:

1. Minuman bersoda

doktersehat-minuman-sodaMinuman bersoda memang super segar dan nikmat dikonsumsi di siang hari.

Sayangnya, minuman bersoda memiliki kandungan pengawet dan gula buatan yang paling tinggi di antara jenis minuman lainnya. Untuk itu, hindari konsumsi minuman bersoda setelah makan siang.

Tips:
Jika terpaksa memilih minuman bersoda, hindari minuman bersoda dengan rasa buah karena kandungan gulanya lebih tinggi. Pilih minuman bersoda tanpa rasa dan gunakan minuman bersoda dalam jumlah sedikit sebagai campuran minuman.

2. Minuman manis kemasan

Mimuman-kemasan-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/ Tetra Pak

Selain minuman bersoda, minuman manis kemasan juga merupakan jenis minuman yang banyak mendung gula dan pengawet.

Minuman manis kemasan kini menyediakan berbagai rasa dan jenis, mulai dari minuman manis rasa buah, teh, jus buah, kopi, atau minuman energi. Selain memiliki banyak varian, minuman kemasan dikemas dalam berbagai bentuk yang praktis, misalnya kaleng, dus, atau botol, sehingga cenderung dipilih sebagai minuman saat makan siang.

Padahal, minuman tersebut dapat membuat tubuh lemas karena meskipun minuman kemasan dapat memberikan asupan kalori yang tinggi, namun tubuh tidak bisa mendistribusikan dengan baik sesuai kebutuhan.

Jadi, sebisa mungkin hindari memilih minuman manis kemasan saat makan siang, ya,

3. Es atau minuman dingin dari susu tinggi lemak

doktersehat-minum-susu-kemasanApakaha Anda sering mengonsumsi milkshake saat siang hari?

Meskipun enak dan sehat, milkshake dengan tambahan buah segar memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hal ini cenderung membuat tubuh lemas di siang hari.

Jika Anda ingin mengonsumsi milkshake untuk minuman siang hari Anda, pilih milkshake dari susu rendah lemak atau susu nabati, ya.

4. Es campur dengan isi bahan baku banyak mengandung gula atau pemanis

Nah, yag satu ini tentu sangat cocok disajikan di siang hari, ya. Es campur dari sirup dan krimer kental manis yang segar dengan berbagai isian yang umum dipilih, tentu super nikmat untuk minuman setelah makan siang.

Sayangnya, es campur yang disajikan dengan isian yang juga manis dan tingig, misalnya krimer kental manis, jeli atau puding manis, puding dari gula buatan, akan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

doktersehat-buah-sembelit

Photo Credit: Flickr.com/Vegan Feast Catering

Ketimbang memilih es campur dengan berbagai isian yang manis, ganti pilihan es campur dengan es buah dengan pemanis dari madu.

Pilihan ini lebih sehat namun tentu tetap sama enaknya, bukan?



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi