Terbit: 19 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com – Saat berbuka puasa, kita tidak akan mencari nasi atau makanan berat lain untuk langsung dikonsumsi. Kita akan mencari minuman yang bisa menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa lemas yang sudah muncul sejak siang hari.

doktersehat minuman saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa, beberapa orang suka minum air es dengan apa pun isiannya. Asal bisa menyegarkan dan memiliki rasa manis, mereka akan menenggaknya sampai habis. Kebiasaan ini akan berlanjut setiap hari selama satu bulan padahal kita tidak tahu kalau kebiasaan ini cukup buruk.

Mengapa buruk? Kan cuma minum air saja? Memang benar, tapi kalau airnya mengandung cukup banyak gula, tubuh akan menerima efek samping. Sesuatu yang manis saat berbuka puasa memang memberikan energi. Namun, kalau berlebihan bisa saja menyebabkan kegemukan atau kenaikan gula darah yang signifikan.

Nah, kalau Anda ingin menyegarkan tubuh sebelum makan besar saat berbuka puasa, kami rekomendasikan untuk mengonsumsi lima hal di bawah ini.

  1. Air putih

Kalau Anda ingin sehat saat puasa dari awal hingga akhir, konsumsilah air putih yang banyak atau minimal 8 gelas sehari. Saat berbuka puasa pastikan untuk menenggak satu gelas air sampai habis. Kalau Anda ingin aga segar boleh minum air es meski tidak begitu disarankan banyak-banyak kalau perut masih kosong.

Minum air putih saat berbuka puasa akan mengembalikan kesegaran. Tubuh akan mulai terhidrasi perlahan-lahan sehingga kerja organ di dalam tubuh akan kembali normal. Mengonsumsi air saat berbuka puasa juga bisa memberikan energi pada toto dan menjaga kesehatan dari ginjal yang kering seharian.

  1. Suhu dicampur kurma

Yang Anda butuhkan untuk membuat tubuh jadi segera adalah mendapatkan nutrisi yang mudah diserap. Salah satu alternatif yang bisa dijadikan andalan adalah susu yang dicampur dengan kurma. Anda bisa memasukkan satu gelas susu dicampur dengan tiga buah kurma yang dibuang bijinya ke mesin jus. Selanjutnya proses sampai halus dan boleh ditambah es.

  1. Jus buah segar

Jus buah sangat direkomendasikan karena bisa memberikan cukup banyak energi, membuat Anda kenyang, dan kaya serat. Buah-buahan yang direkomendasikan untuk jus adalah semangka, avokad, jeruk, mangga, dan tomat. Buah lain seperti strawberry juga boleh dijadikan campuran.

Oh ya, saat membuat jus buah pastikan tidak dicampur dengan terlalu banyak gula. Lebih baik dicampur dengan buah yang sudah manis agar rasanya tetap nikmat dan juga segar.

  1. Air kelapa muda

Air kelapa juga sangat baik untuk tubuh karena bisa menyegarkan tubuh dengan instan. Air kelapa mengandung banyak ion yang bisa memperbaiki kondisi elektrolit yang hilang saat melakukan puasa dari pagi hingga jelang malam.

Anda bisa minum air kelapa muda yang segar berserta buahnya. Kalau rasanya kurang manis bisa ditambahi gula rendah kalori seperti gula jagung atau stevia. Air kelapa juga bisa ditambah jeruk nipis atau lemon untuk memberikan rasa segar dan tambahan Vitamin C.

  1. Olahan yoghurt

Yoghurt memiliki asam yang cukup kuat meski kandungan bakteri baik di dalamnya baik untuk lambung dan juga usus. Untuk menyiasati rasa yang terlalu asam itu Anda bisa menambahnya dengan buah yang cukup manis seperti mangga, buah naga, dan aneka buah berry. Haluskan yoghurt dengan buah lalu simpan di lemari es selama beberapa saat agar lebih segar.

Nah, dari lima minuman di atas mana yang sering Anda jadikan andalan sebagai salah satu minuman berbuka puasa?



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi