Terbit: 16 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda ingin merasa tetap kenyang namun sedang bosan mengonsumsi minuman dari buah dan sayur?

4 Minuman yang Mengenyangkan selain Jus Buah & Sayur

Tenang saja, Anda bisa tetap mendapatkan rasa kenyang dengan minum jenis minuman lain yang ternyata juga bisa mengenyangkan dan tetap sehat.

Penasaran apa saja jenis minuman yang bisa mengenyangkan tubuh selain buah dan sayur? Yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Jus atau smoothies dari buah dan sayur, memang sudah terbukti super mengenyangkan, ya.

Hal ini tentu wajar mengingat buah dan sayur adalah bahan makanan sumber serat, yang mana serat merupakan jenis zat gizi yang mampu mempertahankan rasa kenyang dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Akan tetapi, beberapa jenis zat gizi lain juga ternyata mampu memberikan asupan zat gizi yang bisa membuat tubuh merasa kenyang.

Minuman sehat yang mengenyangkan

Berikut, 4 jenis minuman sehat yang super mengenyangkan selain jus atau smoothies buah dan sayur:

1. Susu dari kacang-kacangan

doktersehat-kebaikan-almondBosan mengonsumsi minuman dari buah dan sayur namun ingin tetap kenyang? Pilih saja susu dari kacang-kacangan, seperti susu almond atau susu kedelai.

Susu dari bahan makanan protein nabati memiliki kandungan protein yang tinggi, serta banyak fitonutrien. Selain itu, dibandingkan dengan susu dari protein hewani, susu nabati memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

Hal ini tentu membuat konsumsi susu nabati dapat membuat tubuh jauh lebih kenyang.

Tips:
Agar manfaatnya maksimal, hindari menambahkan banyak gula atau pemanis buatan pada susu kacang-kacangan yang Anda konsumsi, ya.

2. Susu hewani yang rendah lemak

Alternatif-konsumsi-susu-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Magill

Kandungan protein pada susu hewani memiliki kadar protein yang lebih tinggi dari susu nabati. Hal ini tentu saja membuat konsumsi susu hewani akan menyebabkan rasa kenyang dalam tubuh lebih lama.

Selain itu, American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa kandungan laktosa yang ada pada susu hewani rendah lemak memiliki fungsi dalam mengontrol hormon nafsu makan dalam tubuh.

Dimana konsumsi susu hewani bisa menekan nafsu makan lebih baik sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

Tips:
Jangan lupa, utamakan memilih susu hewani yang rendah lemak agar asupan lemak jenuh dalam tubuh tidak berlebihan, ya.

3. Minuman dari cokelat, utamanya cokelat hitam

doktersehat-cokelatSiapa sih yang tidak suka minuman cokelat? Rasanya yang super nikmat dan kental tentu sangat digemari, ya.

Tidak hanya lezat, minuman cokelat ternyata juga termasuk dalam jenis minuman sehat yang mengenyangkan, lho.

Minuman cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kalori yang cukup, sehingga mampu memberikan rasa kenyang dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kokoa pada minuman memiliki peran penting dalam mengatur hormon nafsu makan, yang mana hormon untuk mengontrol nafsu makan bisa ditekan dengan konsumsi minuman cokelat yang kandungan kokoanya tinggi.

Tips:
Pilih minuman dari cokelat hitam, karena pada cokelat hitam kandungan kokoanya paling tinggi, lebih rendah lemak dan gula.

Hindari menambahkan banyak gula, pemanis, permen, atau jeli manis pada minuman cokelat.

4. Teh hijau

doktersehat-jenis-teh-hijau-dan-manfaatnya-untuk-kulit

Photo Credit: Pexels.com

Siapa sangka minum teh hijau ternyata juga mampu memberikan manfaat yang super dalam mengenyangkan tubuh.

Mirip dengan minuman cokelat, teh hijau memiliki kandungan zat yang juga mampu menekan hormon yang menyebabkan tubuh merasa lapar.

Journal of the American College of Nutrition juga menyebutkan bahwa konsumsi teh hijau mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan efektif mengurangi porsi makan sehingga asupan makanan tidak berlebihan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi