10 Minuman Sehat Ini Mencegah Haus Saat Puasa

doktersehat-minuman-lemon-dan-mint
Source: Flickr.com

DokterSehat.Com– Manjalani puasa Ramadan di musim kemarau menjadi tantangan lebih. Ramadan kali ini hadir di pertengahan musim kemarau. Jadi Anda mungkin merasa lebih haus karena akan ada peningkatan keringat.

Selama musim kemarau, tubuh Anda menjadi lelah dan mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan tubuh lebih banyak. Ada keringat berlebih ketika Anda terlibat dalam kegiatan di luar ruangan. Anda harus menjaga cadangan air dan elektrolit dalam tubuh Anda agar tetap sehat selama Ramadan terutama jika musim panas.

Anda merasa lebih haus selama musim kemarau dan selalu menggunakan minuman yang tidak sehat seperti minuman ringan atau minuman bersoda. Minuman ini tidak sehat dan dapat membahayakan saat Anda sedang berpuasa.

Anda harus tahu tentang berbagai minuman musim kemarau yang sehat untuk menghindari rasa haus di musim kemarau. Minuman ini tidak hanya mengisi tubuh Anda dengan cairan tetapi juga menyediakannya dengan berbagai elektrolit yang hilang dalam keringat.

Ada 10 minuman musim kemarau yang bisa Anda buat sendiri di rumah selama bulan Ramadan, seperti melansir Boldsky, berikut ini:

1. Butter milk dengan es

Ini adalah salah satu minuman Ramadan terbaik yang tidak hanya akan memuaskan dahaga Anda tetapi juga bermanfaat bagi tubuh Anda dalam banyak hal selama musim kemarau. Ambil beberapa dadih dan taruh daun mint kering, sedikit garam, sedikit madu dan tambahkan potongan stroberi di dalamnya. Tambahkan es batu dan dinginkan saat waktu berbuka.

2. Yoghurt

Masukkan air, jintan, irisan jahe, dan sedikit garam ke dalam secangkir yoghurt. Kocok dan aduk hingga menjadi minuman. Minuman olahan ini kaya akan bakteri baik (probiotik), antioksidan dan elektrolit. Ini melindungi tubuh Anda dari berbagai infeksi musim kemarau dan juga melindungi Anda dari dehidrasi.

3. Lemon dan mint

Masukkan daun mint dan irisan lemon ke dalam segelas air dan didihkan selama 15 menit. Setelah dingin tambahkan madu ke dalamnya. Ini adalah salah satu minuman terbaik untuk melindungi diri dari panas musim kemarau di bulan Ramadan.

4. Tangy water

Ini adalah salah satu minuman terbaik, dengan menambahkan sepotong mentimun, beberapa daun mint dan irisan jeruk ke dalam segelas air. Air akan mendapatkan rasa tajam dan kaya akan vitamin C. Minuman yang sehat ini juga akan melindungi Anda dari ruam karena sifat antioksidan.

5. Rose drink

Tambahkan beberapa kelopak mawar segar ke dalam air. Rebus selama beberapa waktu dan simpan semalam. Tambahkan sedikit madu di pagi hari dan minuman Anda sudah siap. Ini adalah salah satu resep terbaik untuk minuman musim kemarau.

6. Mentimun dan minuman musk melon

Buat jus dari mentimun dan musk melon dalam juicer. Masukan setengah sendok teh madu dan garam di dalamnya. Anda juga bisa menambahkan beberapa biji jintan dan daun mint segar ke dalamnya. Minuman ini akan menenangkan tubuh Anda dan mencegah keringat berlebih selama Ramadan.

7. Jus jeruk

Peras jeruk dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Minuman ini kaya vitamin C dan elektrolit dan akan mencegah Anda kehabisan cairan dan dehidrasi. Ini adalah salah satu minuman sehat terbaik untuk memuaskan dahaga Anda di bulan Ramadan.

8. Susu skim

Minuman ini kaya protein dan rendah kalori. Ini akan memuaskan rasa lapar Anda dan juga memuaskan rasa haus Anda selama hari-hari musim panas yang terik. Minum susu skim dingin selama musim kemarau untuk mengalahkan panas. Ini adalah resep minuman musim kemarau yang efektif untuk mencegah dehidrasi di bulan Ramadan.

9. Jus semangka

Buat jus semangka dan tambahkan dua sendok teh jus lemon dan sedikit garam. Ini akan menjadi minuman musim panas yang sempurna bagi Anda karena akan memasok tubuh Anda dengan semua mineral penting yang dibutuhkan di musim panas. Ini bekerja sangat baik sebagai minuman energi terbaik untuk dehidrasi.

10. Teh hijau

Minum teh di musim kemarau membuat tubuh Anda dehidrasi karena mengandung kafein. Tapi teh hijau adalah pengecualian. Anda dapat menikmati teh hijau di musim panas dengan menambahkan beberapa jus lemon ke dalamnya. Anda juga dapat menambahkan es batu agar menjadi dingin.

Mudah bukan? Sila dicoba, Teman Tehat! Semoga ibadah puasa Anda lancar.