5 Minuman Segar Penetral Kolesterol, Dijamin Enak!

khasiat-tomat-doktersehat

DokterSehat.Com– Gaya hidup yang tidak sehat, khususnya dalam hal menerapkan pola makan yang tinggi lemak akan membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat. Masalahnya adalah, jika sampai kita mengalami kolesterol tinggi, risiko untuk terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung akan meningkat dengan signifikan.

Cara menurunkan kolesterol

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk benar-benar mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat demi menurunkan kadar kolesterol tubuh. Sebagai contoh, kita bisa membatasi asupan makanan yang digoreng, makanan berminyak, dan makanan bersantan. Selain itu, kita juga sebaiknya memperbanyak asupan makanan berserat seperti sayuran atau gandum utuh yang bisa membantu peluruhan kolesterol dari dalam tubuh dengan efektif.

Bahkan, jika diperlukan, kita bisa mengonsumsi obat-obatan yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Hanya saja, obat-obatan ini sebaiknya didapatkan dengan resep dokter, bukannya didapatkan dengan sembarangan.

Beberapa minuman untuk menetralkan kadar kolesterol tubuh

Selain melakukan berbagai hal yang disebutkan sebelumnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi beberapa jenis minuman nikmat yang ternyata juga bisa menetralkan kolesterol

Berikut adalah minuman-minuman tersebut.

  1. Minuman jahe

Jahe dikenal luas sebagai tanaman herbal yang sangat baik bagi kesehatan. Bahkan, salah satu rempah ini dikenal mampu mengobati berbagai macam kondisi kesehatan layaknya diare, mual-mual, serta gangguan pernapasan seperti asma. Kandungan di dalam jahe bisa membantu aliran darah menjadi lebih lancar dan menurunkan sensasi nyeri pada otot setelah melakukan aktivitas fisik.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat membuktikan bahwa rutin mengonsumsi jahe setiap hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah datangnya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah yang merupakan salah satu faktor pemicu penyakit kardiovaskular.

Jahe hangat juga sangat nikmat untuk dikonsumsi di malam hari saat suhu udara dingin sehingga bisa membuat tubuh terasa lebih nyaman.

  1. Jus apel

Apel dikenal luas sebagai salah satu buah terbaik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan pektin di dalamnya. Kandungan ini adalah sejenis serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga mampu melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu peradangan atau penumpukan plak di pembuluh darah arteri.

Apel juga kaya akan kandungan polifenol, sejenis antioksidan yang bisa membuat oksidasi kolesterol jahat terhambat. Hal ini tentu akan berpengaruh besar bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kita bisa rutin mengonsumsi jus apel demi mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Teh hijau

Teh hijau dikenal luas sebagai minuman penghilang stres yang bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang. Tak disangka, teh hijau ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan katekin di dalamnya.

Katekin bisa membantu menghambat proses penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi dan langsung membuangnya lewat buang air besar. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang membuktikan bahwa rutin minum teh hijau setiap hari selama delapan pekan berturut-turut akan mampu menurunkan kadar kolesterol hingga dua atau empat persen.

  1. Jus tomat

Jus tomat jika dikonsumsi setiap hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10 persen. Hal ini disebabkan oleh keberadaan likopen di dalamnya yang memang secara alami bisa menurunkan kolesterol jahat.

  1. Jus buah delima

Buah delima memiliki kandungan fitosterol yang bisa mencegah penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi sekaligus membantu mengeluarkan garam empedu. Hal ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam hati dan pembuluh darah dengan signifikan.

Jadi, siapa bilang menurunkan kolesterol itu susah? Dengan mengonsumsi minuman segar dan nikmat ini kita bisa melakukannya kok.